Mataram (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 5,5 skala Richter, terjadi di Kabupaten Sumbawa, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Kamis dini hari sekitar pukul 03.59 WITA.

Gempa berkedalaman 10 kilometer tersebut diumumkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berjarak 68 kilometer Tenggara Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Data yang dirilis BMKG juga menyebutkan lokasi gempa berada pada 9,92 derajat Lintang Selatan (LS), dan 117,79 derajat Bujur Timur (BT).

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Hingga berita ini disiarkan belum ada laporan mengenai adanya bangunan yang rusak atau korban jiwa akibat gempa tersebut.

Gempa tersebut juga dirasakan oleh warga di Kabupaten Lombok Timur, NTB.

Salah seorang warga, Samsul Rizal, mengatakan, gempa yang dirasakan sekitar 25 detik membuat warga panik dan berhamburan ke luar rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saya masih tertidur, tiba-tiba ada guncangan. Saya dan keluarga berhamburan keluar rumah. Di luar, saya melihat tetangga juga sudah berada di luar rumah," katanya.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 5,0 Skala Richter, terjadi di Kabupaten Sumbawa, Senin malam (25/7), sekitar pukul 19.59 WITA.

Gempa dengan kedalaman 10 kilometer tersebut berlokasi pada 68 kilometer timur laut Sumbawa Besar, NTB, dan berada pada 7,91 derajat Lintang Selatan (LS), dan 117,60 derajat Bujur Timur (BT).

Gempa tersebut juga tidak berpotensi tsunami. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011