Gernas BBI Lagawi Fest bidik peningkatan penjualan online IKM Lampung

Gernas BBI Lagawi Fest bidik peningkatan penjualan online IKM Lampung

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Reni Yanita membacakan sambutan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Gernas BBI Lagawi Fest di Bandarlampung, Kamis (13/7/2022). ANTARA/Sella Panduarsa Gareta/am.

Pemerintah konsisten mengampanyekan semangat cinta produk dalam negeri, agar industri Indonesia dapat terus bertumbuh di negeri sendiri
Bandarlampung (ANTARA) - Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Lagawi Fest Tahun 2022 membidik peningkatan penjualan secara online bagi 30 industri kecil dan menengah (IKM) terpilih selama tiga bulan.

"Sehingga, akan didapatkan lima IKM yang dianggap terbaik dengan penjualan terbanyak dan kriteria unggulan lainnya," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin Reni Yanita yang membacakan sambutan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Bandarlampung, Kamis.

Reni menyampaikan hal itu pada acara Perayaan Hari Ulang Tahun Provinsi Lampung yang ke-58 sekaligus kick off "Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia #LagawiFest Tahun 2022".

Pada acara yang mengusung tema "Satu Bumi Berjuta Karya" itu peran pemerintah daerah lebih ditekankan untuk aktif mendukung kesuksesan para IKM daerah di pemasaran online.

"Oleh karena itu, saya berbahagia bahwa Kementerian Perindustrian dan Pemerintah Provinsi Lampung dapat memulai #LagawiFest, Lampung Bangga Wirausaha Industri dengan pesan IKM #LagawiFest sebagai wirausaha industri yang berdaya saing dan bangga dalam menunjukkan kreatifitas karya dan keragaman produk lokal," ujar Reni.

Reni juga meminta Pemda Lampung untuk dapat mengoptimalkan pembelian produk dalam negeri, termasuk yang berasal dari IKM.

"Hal itu kami dorong karena tahun ini kita memiliki target pembelian produk dalam negeri sebesar Rp400 triliun melalui e-katalog dan toko daring, yang diharapkan Rp200 triliunnya berasal dari pemerintah daerah," kata Reni.

Gernas BBI merupakan gerakan bersama pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat untuk mencintai dan membeli produk lokal.

Pemerintah konsisten mengampanyekan semangat cinta produk dalam negeri, agar industri Indonesia dapat terus bertumbuh di negeri sendiri.

"Gernas BBI 2022 dimulai pada Januari di Provinsi Jambi dan bulan lalu di Sulawesi Selatan, dan pada hari ini, saya sangat gembira bahwa Bapak Gubernur dan jajarannya berkenan menyelenggarakan kick off Gernas BBI #LagawiFest di mana acara puncaknya akan dilaksanakan pada Juni 2022," ujar Reni.

Baca juga: Gubernur: Gernas BBI sarana kenalkan produk lokal Lampung
Baca juga: Kemenperin dongkrak potensi IKM Lampung untuk dukung Gernas BBI 2022
Baca juga: Gernas BBI momentum bangkitnya obat modern asli Indonesia


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar