Bengaluru (ANTARA) - Harga emas naik di perdagangan Asia pada Kamis sore, karena dolar melemah setelah kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS, membuat emas lebih murah untuk pembeli pemegang mata uang lainnya, tetapi imbal hasil obligasi pemerintah yang lebih tinggi membatasi kenaikan.

Emas spot menguat 0,4 persen menjadi diperdagangkan di 1.936,26 dolar AS per ounce pada pukul 08.05 GMT, setelah menyentuh level terendah sejak 28 Februari di 1.894,70 dolar AS pada Rabu (16/3/2022). Sementara itu, emas berjangka AS terangkat 1,3 persen menjadi diperdagangkan di 1.934,20 dolar AS per ounce.

Indeks dolar melemah, membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya setelah bank sentral AS bergerak ke kebijakan moneter hawkish dari memerangi pandemi virus corona ke melawan risiko ekonomi yang ditimbulkan oleh inflasi yang berlebihan dan perang di Ukraina.

Keputusan Fed menaikkan suku bunga acuan mengangkat imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun ke level tertinggi sejak Mei 2019 di sesi sebelumnya.

Emas yang dihargakan dalam greenback sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, karena meningkatkan peluang kerugian memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

"Pergerakan dolar dan saham jauh lebih agresif daripada pergerakan emas. Dan itu mungkin risiko Ukraina yang masih ada, di mana itu belum sepenuhnya jelas," kata Ilya Spivak, ahli strategi mata uang di DailyFX.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan negosiasi menjadi "lebih realistis" dan Rusia mengatakan proposal yang sedang dibahas "mendekati kesepakatan".

Kepemilikan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang didukung emas terbesar di dunia, SPDR Gold Trust, naik 0,8 persen ke level tertinggi sejak Maret 2021 di 1.070,53 ton pada Rabu (16/3/2022).

Palladium, yang digunakan oleh pembuat mobil dalam catalytic converter untuk mengekang emisi, naik 2,4 persen menjadi 2.465,52 dolar AS per ounce. Logam ini mencapai rekor tertinggi 3.440,76 dolar AS pada 7 Maret, didorong oleh kekhawatiran gangguan pasokan dari produsen utama Rusia.

Logam mulia lainnya di pasar spot, perak menguat 0,6 persen menjadi diperdagangkan di 25,22 dolar AS per ounce, sementara platinum turun 0,1 persen menjadi diperdagangkan di 1.016,44 dolar AS per ounce.

Baca juga: Harga emas jatuh 20,5 dolar jelang hasil kebijakan moneter The Fed
Baca juga: Emas jatuh saat pembicaraan Rusia-Ukraina, prospek kenaikan suku bunga
Baca juga: Dolar melemah karena Fed yang "hawkish" tanpa memberikan kejutan keras

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022