Jakarta (ANTARA News) - Satu-satunya pemain tunggal Indonesia yang tersisa Simon Santoso akan menghadapi pemain Denmark Peter Gade pada perempat final Jepang Terbuka Super Series, Jumat.

Simon maju ke perempat final setelah meraih kemenangan atas pemain India Ajay Jayaram 22-20, 21-16 pada putaran kedua di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Kamis.

Sementara Peter yang menjadi unggulan ketiga, membukukan kemenangan 21-17, 21-17 atas Shon Wan Ho dari Korea sebelum meraih tempat untuk bertemu Simon untuk yang ke-13 kali sepanjang karir.

"Saya akan `all out` saja, yang penting berjuang," ujar Simon mengenai pertemuannya dengan Peter yang memenangi dua dari tiga pertemuan mereka tahun ini.

"Sekarang dia masih bagus, tidak gampang untuk mengalahkan dia, karena dia pemain yang matang," tambah Simon mengenai Peter.

Dari 12 pertemuan sebelumnya, Peter memenangi sembilan di antaranya termasuk pertemuan terakhir di Kejuaraan Dunia di London Agustus lalu.

Dua ganda putra Markis Kido-Hendra Setiawan dan Alvent Yulianto-Hendra Aprida Gunawan juga meraih tempat di perempat final setelah meraih kemenangan pada babak 16 besar.

Kido-Hendra yang menjadi unggulan keenam memenangi pertemuan mereka dengan pasangan Thailand Sudket Prapakamol-Songphon Anugritayawon 21-7, 21-19 untuk bertemu pasangan Korea Ko Sung Hyun-Lee Yong Dae pada babak delapan besar.

Sedangkan unggulan ketujuh Alvent-Hendra AG harus bermain tiga game untuk menundukkan pasangan Korea Cho Gun Woo-Kwon Yi Goo 21-19, 14-21, 21-15 untuk selanjutnya melawan unggulan teratas Fu Haifeng-Cai Yun dalam perebutan tempat di semifinal.

Mundur

Adapun unggulan delapan ganda putri Greysia Polii-Meiliana Jauhari tidak melanjutkan pertandingan saat tertinggal 7-17 dari pasangan Poon Lok Yan-Tse Ying Suet karena cedera tangan Greysia masih belum pulih, sehingga memberi kemenangan bagi ganda Hong Kong tersebut.

"Memang cedera tangannya (Greysia Polii) belum sembuh benar, ikut ke Jepang untuk ambil poin buat final Super Series," ujar asisten pelatih ganda putri Paulus Firman yang mendampingi mereka ke Jepang.

Sehari sebelumnya, Paulus mengatakan Greysia yang masih sakit lengan kanannya setelah cedera akibat terjatuh saat bertanding pada final Taiwan GP Gold dua pekan lalu, tetap memainkan pertandingan pertama di Jepang karena lawannya yang berasal dari Macau tidak terlalu berat.

"Cederanya masih terasa, tapi berhubung lawannya dari Macau, nyoba saja," katanya.

Pasangan Anneke Feinya Agustin-Nitya Krishinda juga tersisih setelah gagal mengatasi pasangan tuan rumah Mizuki Fujii-Reika Kakiiwa meskipun sempat unggul 21-11, 17-15 sebelum pasangan Jepang membalik keadaan dan memenangi dua game terakhir.
(T.F005/A016)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011