Kami berdiskusi berbagai hal dan mengenai kerja sama bilateral antara Indonesia dan Kenya termasuk perdagangan, kesehatan dan industri pertahanan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Kenya Raychelle Omamo meresmikan pembukaan Kedutaan Besar Kenya di Jakarta, Kamis (17/3).

"Merupakan suatu kebahagiaan bagi saya untuk menyaksikan dan meresmikan pembukaan Kedutaan Besar Kenya di Jakarta," kata Menlu  Retno Marsudi usai peresmian itu.

Retno mengatakan pembukaan Kedutaan Besar Kenya di Jakarta menandai babak baru hubungan Indonesia dan Kenya untuk menjalin hubungan bilateral yang lebih erat di berbagai sektor yang saling menguntungkan

Pembukaan Kedutaan Besar Kenya, lanjut dia, meningkatkan interaksi dengan negara-negara Afrika terutama dalam ikatan ekonomi yang sejalan dengan Forum Indonesia-Afrika dan Dialog Infrastruktur Indonesia-Afrika.

Baca juga: IPB University perbarui kerja sama dengan CIFOR-ICRAF

"Saya baru saja melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Kenya Raychelle Omamo. Kami berdiskusi berbagai hal dan mengenai kerja sama bilateral antara Indonesia dan Kenya termasuk perdagangan, kesehatan dan industri pertahanan," kata Menlu RI.

Kedua negara, lanjut dia, memiliki komitmen kuat bahwa kedua negara ingin melanjutkan kerja sama. Tidak hanya kerja sama dengan Kenya tapi dengan semua negara-negara Afrika.

"Saat ini kita menghadapi berbagai tantangan global. Saya pikir pilihan tepat dan terbaik adalah memperkuat kerja sama dan kolaborasi karena rakyat kita membutuhkan kita untuk memperkuat kerja sama dan kolaborasi yang memberikan manfaat kepada masyarakat. Kita harus selalu ingat bahwa masyarakat harus menjadi perhatian utama kita," kata Menlu RI.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Luar Negeri Kenya Raychelle Omamo mengatakan pembukaan Kedutaan Besar Kenya di Jakarta menciptakan berbagai peluang kerja sama dengan Indonesia.

"Kedua negara akan memiliki akses yang lebih dekat untuk kemitraan atau kerja sama. Kita ingin Anda menunjukkan pertemanan. Kita ingin bekerja sama dengan Anda (Indonesia)," kata Omamo.

Selain itu, Menlu Kenya mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia yang menyuarakan aspirasi negara-negara Afrika dalam G20 Presidensi Indonesia.

"Kita sangat senang bahwa Indonesia menyuarakan aspirasi negara-negara Afrika," kata dia.

Kenya, lanjut dia, ingin bekerja sama dengan Indonesia untuk dapat maju bersama.

"Kita ingin bekerja sama dengan Indonesia untuk bersama-sama memberikan kontribusi untuk kemakmuran, kestabilan dan perdamaian dunia. Kita ingin dunia mendengar kita," ujar Menlu Kenya.

Baca juga: Menlu Ri, Kenya bahas tiga isu kerja sama dalam pertemuan bilateral
Baca juga: KBRI Nairobi bantu Kadin Kenya cari peluang kerja sama di Indonesia

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022