Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Balad Jokowi Muhammad Muchlas Rowi mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang telah menghadirkan kembali ajang balap motor bergengsi dunia, MotoGP Indonesia, yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, NTB, 18-20 Maret 2022.
 
"Ini melengkapi sekaligus menegaskan kesuksesan Indonesia di bawah Pemerintahan Presiden Jokowi dalam menangani pandemi dan upaya bangkit dari keterpurukan,” kata Muchlas dalam keterangan tertulisnya di Jakarta Kamis.
 
Menurut dia, momentum tersebut hendaknya menjadi titik balik Indonesia dari keterpurukan yang diakibatkan pandemi. Menurut Muchlas, rakyat Indonesia sudah sepatutnya bangga karena kembali dipercaya menghelat ajang balapan motor terakbar di dunia MotoGP setelah sekian lama vakum dari lintasan balap Indonesia.
 
Selama ini, lanjut dia, publik Indonesia hanya dapat melirik negara tetangga yang berhasil menggelar "event-event" kaliber dunia. Namun, menurutnya, kali ini masyarakat Indonesia yang "menepuk dada" karena mampu menghadirkan kembali ajang MotoGP.
 
Komisaris PT Jamkrindo itu turut mengapresiasi peran Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir yang sukses menyelesaikan pembangunan sirkuit Mandalika secara cepat.

Baca juga: Parade MotoGP rangkaian awal 'Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022'
Baca juga: MotoGP 2022 tayang di SPOTV First Media
 
“Ini merupakan hasil dukungan dan sinergi BUMN dalam persiapan penyelenggaraan MotoGP. Dibangun oleh ITDC di Kawasan pariwisata Mandalika, dan didukung sejumlah perusahaan BUMN bidang jasa infrastruktur,” kata Muchlas.
 
Muchlas mengatakan dengan menggelar ajang balap motor tersebut, maka nama Indonesia di kancah global semakin terdengar. Karena, kata Muchlas, penonton dari seluruh dunia bisa melihat hal tersebut sebagai salah satu indikasi kemapanan negara.
 
"Stigma yang melekat pada Indonesia sebagai negara yang ketinggalan segera terhapus. Berganti menjadi kesan sebagai negara yang maju," kata Muchlas.
 
Ajang MotoGP dan World Superbike memiliki banyak penggemar di seluruh penjuru dunia. Setidaknya 200 negara yang telah resmi menayangkan langsung acara ini.

Menurut dia, siaran MotoGP di Sirkuit Mandalika ke penjuru dunia akan memberi pesan bahwa Indonesia adalah destinasi pariwisata yang memiliki daya tarik.
 
“Setelah MotoGP dilaksanakan di Sirkuit Mandalika, maka akan banyak investor yang antre panjang. Kelebihan dan keindahan Sirkuit Mandalika sudah tidak perlu dipertanyakan karena potensi yang ditawarkannya sudah sangat menjanjikan," ujarnya.
 
Selain itu, Dosen Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi ini menyampaikan kehadiran para pembalap MotoGP yang pawai menunggangi sepeda motornya ke Istana Negara, kemudian melakukan parade di jalanan ibu kota menimbulkan kebahagiaan masyarakat.
 
"Ini seolah melengkapi beragam survei yang selama ini dilakukan sejumlah lembaga yang menyebut kepuasan publik cukup tinggi terhadap kinerja Presiden Jokowi-Wapres Ma’ruf Amin,” ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022