Jakarta (ANTARA) - Pebalap Gresini Racing Federal Oil Marc Marquez optimistis dapat meraih podium pada MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez usai meraih pole position pertama bersama Gresini dengan catatan waktu 1 menit 46,773 detik.

Mekanik ahli Gresini Racing pun telah menyiapkan Ducati Desmosedici GP23 yang membuat Marc Marquez dan Alex Marquez makin nyaman untuk mengincar podium ganda. Adapun tantangan utama Marquez pada GP Spanyol adalah lintasan yang basah sehingga mereka harus melintasi kerikil di tepian sirkuit.

Pembalap perlu mewaspadai sirkuit Jerez yang memiliki titik basah seusai hujan. Pada Sprint Race tadi malam, Alex sempat terjatuh diikuti dua pembalap lain di belakangnya.

Tak berapa lama Marc juga melindas titik basah setelah berusaha menurunkan ritme usai mengatur jarak dengan Jorge Martin. Namun beruntung, Marc mampu bangkit kembali meski aerodinamika bagian kanan motornya patah.

"Saat pekerjaan tampaknya selesai, saya bersantai selama satu detik dan berakhir di area kecil yang basah. Ukurannya tidak lebih besar dari 20cm, tapi itu berdampak besar," ujar Marc Marquez dalam siaran resmi pada Minggu.

Baca juga: Marquez bersaudara rajai FP1 MotoGP Spanyol

"Kami balapan sebagai protagonis meskipun start-nya sedikit mengecewakan, tapi kami akan punya kesempatan lagi pada hari Minggu. Semuanya akan berbeda karena trek akan benar-benar kering dan kemungkinan besar kami akan mengganti opsi ban belakang. Sementara kami berada di pole position dan makin nyaman mengincar podium,” jelas Marc Marquez.

Sementara Alex Marquez mengatakan, "Akhir pekan sejauh ini sangat positif dan dengan permulaan hari ini, kami siap untuk hasil yang luar biasa. Sayang sekali untuk area basah di tikungan lima karena kami bertiga tertipu olehnya pada saat yang bersamaan. Kami perlu mengulangi start yang sama besok dan meninggalkan Jerez setelah tampil bagus.”

Di MotoGP Spanyol kali ini Marc Marquez mendapat pole position ke-93 dan untuk pertama kalinya bersama tim Gresini Racing. Marc akan memanfaatkan kesempatan emas ini untuk meraih podium perdananya bersama Gresini Racing di sesi full race pada Minggu.

Posisi 6 di garis start akan dimanfaatkan oleh Alex untuk meraih podium bersama dengan Marc, apalagi Ducati Desmosedici GP23 yang disiapkan oleh tim Gresini Racing sudah terlihat potensial dan makin nyaman di lintasan kering.

Baca juga: Marc Marquez tempati pole position MotoGP Spanyol
Baca juga: Marc Marquez tercepat dalam latihan bebas dua MotoGP Spanyol

 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024