Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menyatakan warga Provinsi Bali sangat antusias menyambut pelaksanaan kongres parlemen se dunia atau Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali.

"Masyarakat Bali siap menyambut pelaksanaan IPU, bahkan vaksinasi lengkap dosis satu dan dua sudah mencapai angka 100 persen," kata Putu dalam diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Anggota DPR RI asal Bali itu menjelaskan kondisi destinasi wisata daerah itu sangat sepi selama pandemi COVID-19 atau dua tahun terakhir.

"Memang tidak ada turisnya sama sekali dari 16,7 juta turis wisatawan mancanegara yang kembali di tahun 2019, tiba-tiba semuanya tidak ada,” jelas Putu.

Baca juga: BKSAP: Masyarakat Indonesia diharapkan dapat keuntungan dari IPU

Dia menjelaskan parlemen ingin berkontribusi dalam pemulihan ekonomi di Indonesia. Para anggota parlemen berperan luar biasa, dimana mendengar masyarakat di Bali dan masyarakat Indonesia bersyukur tentang adanya event tersebut.

Putu berharap sidang Ke-144 IPU ini mengawali pembukaan kepariwisataan nasional pada umumnya dan secara khusus untuk Bali. Momentum itu sangat tepat karena setiap anggota parlemen (speaker parlemet) memiliki konstituen.

“Saya yakin mereka juga punya sosial media yang sangat aktif, pada saat mereka akan berkunjung ke Indonesia atau ke Bali, mungkin setelah event tanggal 25 Mei terbang juga ke Jogja atau ke NTB atau NTT. Mudah-mudahan mereka melihat destinasi lainnya dan pada akhirnya mereka juga akan menggaungkan, mempromosikan destinasi-destinasi wisata. Ini potensi atau kesempatan yang kita harus rebut,” kata Putu menjelaskan.

Baca juga: BKSAP: Parlemen Indonesia tawarkan empat poin pembahasan di IPU ke-144

Putu ingin meyakinkan semua pihak bahwa sidang IPU ke-144 di Bali adalah kerja bersama. Pendek kata, Putu bahkan menyebutnya sebagai kerja parlemen yang membanggakan

“Bahwa ada satu solusi yang terbaik kita bersama bahu-membahu mencari solusi yang pada intinya, pada akhirnya kembali dapat memulihkan ekonomi dan pada ujungnya adalah pemulihan kepariwisataan nasional,” pungkas Putu.

Indonesia menjadi tuan rumah Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Bali pada 20-24 Maret 2022, mengusung tema "Getting to Zero: Mobilizing Parliament to Act on Climate Change".

Sebelumnya IPU ke-143 digelar di Madrid yang dihadiri oleh 1.200 orang, terdiri dari 179 negara atau pimpinan parlemen bersama delegasinya.

Baca juga: Anggota DPR: Perubahan iklim sangat tepat dibahas di IPU

Pewarta: Fauzi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022