Jakarta (ANTARA) - Penyerang Real Sociedad dan timnas Spanyol, Mikel Oyarzabal akan absen untuk waktu yang lama dan terancam tidak bisa berpartisipasi di Piala Dunia 2022 setelah mengalami cedera ligamen anterior saat latihan.

Kabar tersebut diumumkan oleh Real Sociedad pada Jumat.

Menurut laporan Reuters, cedera tersebut akan memakan waktu enam hingga sembilan bulan untuk pulih. Itu berarti Oyarzabal diragukan bisa memulihkan kebugarannya tepat waktu sebelum Piala Dunia di Qatar digelar pada November-Desember.

"Mikel Oyarzabal mengalami cedera ligamen di lutut kirinya saat latihan pagi ini," kata Sociedad dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Sevilla jegal ambisi Sociedad ke puncak klasemen

"Dalam hasil pemindaian yang dilakukan, terlihat adanya robekan pada ligamen anterior cruciatum. Dia akan menjalani operasi dalam beberapa pekan mendatang."

Pemain berusia 24 tahun ini dianggap sebagai salah satu prospek terbaik di Spanyol.

Dia telah mencetak 15 gol dalam 33 pertandingan di semua kompetisi musim ini untuk Sociedad, yang memimpin klasemen LaLiga selama dua bulan pertama musim ini.

Baca juga: Sociedad juarai Copa del Rey 2019/2020

Oyarzabal telah menjadi pemain penting dalam rencana pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique.

​​​​​Oyarzabal telah bermain di Piala Eropa 2020 (Euro) dan UEFA Nations League 2020-21, di mana Spanyol menjadi runner-up setelah dikalahkan Prancis.

"Saat yang tidak diinginkan pemain sepak bola telah tiba, ligamen cruciatum robek di lutut kiri saya. Sulit untuk diterima, tetapi mulai sekarang saya punya satu tujuan. SAYA AKAN KEMBALI LEBIH KUAT!," kata Oyarzabal di akun Instagram-nya.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022