Jakarta (ANTARA News) -  Acer group Indonesia menggelar kompetisi bertajuk "Iconia Hack  Day honeycomb calling it 24 hours people" yang diperuntukkan bagi para pengembang aplikasi untuk bersaing membuat aplikasi berbasiskan sistem operasi Android Honeycomb.

Iconia Hack Day diselenggarakan sebagai bagian dari ajang Social media Fest 2011.

"Ini adalah event pengembangan aplikasi 24 jam pertama di Indonesia, kita ingin mencari bakat-bakat kreatif di dunia online ini, dan kita ingin menemukan bakat-bakat itu," kata Helmi Anam head of marketing communications PT. Acer Indonesia kepada Antaranews  pada pembukaan ajang kompetisi itu di FX lifestyle X'nter senayan,Jakarta.

Helmi mengutarakan bahwa para peserta yang berhasil mengikuti kompetisi itu merupakan hasil penyaringan dari 200 orang yang mendaftar. Pada proses pertama para peserta itu ditanya pertanyaan seputar teknis pengembangan melalui laman www.iconia.com.

Pertanyaan-pertanyaan itu hanya mampu dijawab oleh mereka yang benar-benar paham mengenai pengembangan aplikasi.

"Yang daftar ada sekitar 200 dan yang lolos sekitar 50 orang," kata Helmi.

Helmi mengutarakan bahwa hack itu tak selalu bermakna negatif, tetapi juga bisa bermakna mengembangkan aplikasi untuk keperluan yang positif. Faktor yang jadi penilaian dalam kompetisi itu yaitu kreativitas berdasarkan tema , faktor entertainment , kelengkapan dan instalasinya , serta originalitasnya.

Iconia Hack Day dimulai 23-24 September  dari pukul 4.00 wib - 4.00 wib (24 jam). Usai kompetisi itu para kontestan harus mempresentasikan aplikasi buatannya yang bertemakan entertainment di hadapan para juri.

Para pemenang Iconia Hack day akan memperoleh hadiah berupa tablet Acer Iconia dan uang tunai, Adapun pihak yang menjadi Juri adalah Enda Nasution (saling silang) dan Danny Wirianto (kaskus.us).
(yud)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011