gelaran MotoGP Mandalika 2022 ini harus dimanfaatkan sebagai ajang promosi oleh para pelaku UMKM di Indonesia.
Mataram (ANTARA) - Pendiri sekaligus Direktur Utama aplikasi toko online LaDara Indonesia Nanny Hadi Tjahjanto menilai gelaran MotoGP (Pertamina Grand Prix Of Indonesia) 2022 membuka peluang produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal jadi mendunia.

"Jadi gelaran MotoGP Mandalika 2022 ini harus dimanfaatkan sebagai ajang promosi oleh para pelaku UMKM di Indonesia. Karena melalui kegiatan ini, produk-produk lokal dapat dikenal di berbagai belahan dunia," kata Nanny Hadi Tjahjanto dikutip melalui keterangan tertulisnya, Jumat.

Menurutnya, peluang promosi tersebut dapat dilihat dari prediksi jumlah orang yang hadir dalam ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika (Pertamina Mandalika International Street Circuit).

Dengan kondisi demikian tentunya rasio penjualan produk UMKM dalam negeri akan meningkat. Tentu, kata dia, hal itu akan berdampak pada peningkatan taraf hidup dari masing-masing pelaku UMKM di masa mendatang.

Baca juga: Kemenkop utamakan kuliner lokal dalam ajang MotoGP 2022 Mandalika

"InsyaAllah akan terlihat dan juga dibeli oleh masyarakat luas," ucapnya.

Namun demikian, dia meminta agar peluang itu dipersiapkan dengan baik. Para pelaku UMKM harus mempersiapkan produk-produk yang berkualitas, agar dapat menarik perhatian dari berbagai elemen masyarakat baik di dalam maupun luar negeri.

Para pelaku UMKM juga harus terus bersemangat dalam melakukan serangkaian pengenalan produk kepada khalayak luas. Salah satunya melalui ajang balap kelas dunia ini.

"Siapkan diri untuk menjadi tuan rumah. Sebagai tuan rumah sendiri, untuk menghadirkan hasil karya kita, supaya mendunia tentu punya kesempatan banyak," ujar dia.


Baca juga: Teten minta MotoGP jadi ajang promosi UMKM

Selanjutnya, Nanny juga meminta kepada awak media, untuk memberikan informasi yang positif terhadap penyelenggaraan ajang tersebut.

Sampaikan setiap informasi sesuai dengan kondisi di lapangan. Sehingga artikel-artikel yang disebarkan melalui berbagai kanal dapat menumbuhkan kesan positif bagi produk-produk UMKM yang dijajakan di ajang MotoGP.

"Jadi mari kita sambut ini (ajang MotoGP) dengan kegembiraan. Dan juga berita-berita yang bagus," katanya.


Baca juga: Dispar siapkan puluhan gerai gratis bagi UMKM sambut MotoGP
Baca juga: 50 booth UMKM disediakan di Pertamina Grand Prix of Indonesia
Baca juga: Kemenkop hadirkan pameran UMKM unggulan di ajang MotoGP 2022

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022