Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra peringkat satu dunia Fu Haifeng-Cai Yun masih terlalu kuat bagi pasangan Indonesia Bona Septano-Mohammad Ahsan saat keduanya bertemu di final Jepang Terbuka Super Series, Fu-Cai menang 21-13, 23-21.

Pada pertandingan di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Minggu, pasangan China tersebut hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk memenangi pertandingan sekaligus meraih gelar kelimanya tahun ini.

Sebelumnya mereka telah menjuarai Kejuaraan Asia, Singapura Super Series, Indonesia Super Series Premier dan Kejuaraan Dunia.

Bona-Ahsan mampu mengimbangi permainan pasangan China itu pada awal game pertama namun akhirnya tertinggal setelah beberapa kali melakukan kesalahan sendiri, sebelum menyerah 13-21.

"Game pertama kami kurang berani dan jarang memperoleh kesempatan menyerang," kata Bona yang selanjutnya akan mengikuti kejuaraan Indonesia Terbuka Grand Prix Gold di Samarinda.

Game kedua berlangsung lebih ketat ketika Bona-Ahsan yang saat ini berperingkat enam dunia, mampu mengimbangi permainan hingga kedudukan 20-20, meskipun Bona sempat mengalami gangguan pada punggungnya.

Saat memimpin 18-16, Bona mendapat semprotan penghilang rasa sakit pada punggungnya sebelum melanjutkan pertandingan.

"Punggung saya agak sakit, kalau menunduk sakit," kata Bona mengenai punggung yang baru dirasakannya dalam pertandingan tersebut.

Pasangan China langsung mengumpulkan tiga angka untuk berbalik memimpin, namun pasangan Indonesia berhasil mengejar hingga 20-20. Fu-Cai akhirnya keluar sebagai pemenang ketika pengembalian bola dari Ahsan jatuh di luar bidang lapangan.

Selain itu, China juga memperoleh tiga gelar lainnya dari nomor tunggal dan ganda putri.

Pemain tunggal putra Chen Long secara mengejutkan berhasil menundukkan pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei dari Malaysia.

Unggulan keempat Chen Long --yang maju ke final dengan kemenangan tanpa tanding setelah lawannya di semifinal, rekan senegaranya Lin Dan yang menjadi unggulan kedua mundur-- menang 21-8, 10-21, 21-19 dalam satu jam 13 menit.

Gelar tunggal putri diperoleh unggulan pertama Wang Yihan yang menang atas unggulan delapan asal Jerman Juliane Schenk 21-16, 21-14.

Adapun gelar ganda putri diperoleh pasangan Bao Yixin-Zhong Qianxin yang bangkit dari kehilangan game pembuka untuk mengalahkan pasangan Taiwan Cheng Wen Hsing-Chien Yu Chin 13-21, 25-23, 21-12.

Satu gelar tersisa direbut ganda campuran Taiwan Chen Hung Ling-Cheng Wen Hsing saat unggulan kelima itu menyisihkan unggulan keempat asal Denmark Joachim Fischer Nielsen-Christinna Pedersen 21-19, 16-21, 21-15.(T.F005/I007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011