Jember, Jawa Timur (ANTARA) - KA Mutiara Timur dengan rute Stasiun Ketapang Banyuwangi - Yogyakarta pulang pergi (PP) beroperasi kembali pada akhir pekan Maret 2022 untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang.

"KA Mutiara Timur akan beroperasi pada Minggu (20/3), Jumat (25/3), Sabtu (26/3), dan Minggu (27/3) dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat," kata Pelaksana harian Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 9 Tohari di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Menurutnya beroperasinya kembali KA Mutiara Timur sebagai komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan kereta api dengan memberikan banyak pilihan KA sesuai dengan jam operasional dan kelas kereta yang diinginkan.

"Dengan demikian total ada tujuh rangkaian KA jarak jauh, satu KA lokal dan satu kereta komuter yang beroperasi di wilayah Daop 9 Jember," tuturnya.


Baca juga: Daop Surabaya perpanjang relasi KA Mutiara Timur sampai Yogyakarta


Ia mengatakan penumpang kereta api yang sudah vaksin lengkap yakni dosis satu dan dua, atau sudah ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau tes cepat antigen pada saat proses boarding.

"Aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 25 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi COVID-19 tanggal 8 Maret 2022," katanya.

Baca juga: KAI Jember operasikan kembali KA Wijayakusuma dan Mutiara Timur

Untuk validasi data vaksinasi penumpang, lanjut dia, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi Peduli Lindungi, sehingga hasilnya data vaksinasi penumpang dapat langsung diketahui oleh petugas KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, web KAI, dan pada saat boarding.

"Bagi penumpang yang belum vaksin atau baru divaksin satu kali tetap wajib melampirkan bukti tes PCR atau tes cepat antigen dengan hasil negatif, sedangkan penumpang yang sudah vaksin lengkap tidak wajib menunjukkan hasil tes PCR atau antigen," ujarnya.


Baca juga: KA Mutiara Timur kembali beroperasi akhir pekan ini, 19-21 Maret
Baca juga: KA Mutiara Timur tambahan diluncurkan di Banyuwangi

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022