KA Mutiara Timur akan kembali beroperasi mulai 30 Maret 2024 dengan menggunakan rangkaian kereta kelas ekonomi 80 tempat duduk.
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur, mengoperasikan kembali kereta api Mutiara Timur relasi Ketapang – Surabaya Pasar Turi menjelang Lebaran 2024.

"KA Mutiara Timur akan kembali beroperasi mulai 30 Maret 2024 dengan menggunakan rangkaian kereta kelas ekonomi 80 tempat duduk," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Cahyo Widiantoro di Jember, Kamis.

Menurutnya KA Mutiara Timur pertama kali dijalankan pada 6 Maret 1972 atau tepat 52 tahun yang lalu dengan kelas pelayanan bisnis dan ekonomi.

Baca juga: DJKA sebut 964 kereta sudah diperiksa kelaikan jelang mudik Lebaran

Seiring meningkatnya minat pelanggan, pelayanannya dinaikkan menjadi kelas eksekutif dan bisnis, selain itu juga pada 2021 rutenya sempat diperpanjang sampai Yogyakarta.

"Namun karena kondisi saat itu masih pandemi COVID-19 dan ekonomi masih lesu membuat peminat kereta tersebut terus menurun dan akhirnya pada 31 Mei 2022 menjadi perjalanan terakhir kereta itu," tuturnya.

Setelah hampir 2 tahun berhenti beroperasi, lanjut dia, KA Mutiara Timur yang merupakan salah satu kereta api tertua dan menjadi legenda bagi masyarakat di wilayah tapal kuda kembali beroperasi melayani masyarakat lintas Ketapang – Surabaya Pasar Turi PP.

"Kereta itu sementara akan beroperasi pada tanggal-tanggal tertentu, untuk keberangkatan di Stasiun Ketapang pada 30-31 Maret 2024 dan 8-12 April 2024 dengan jadwal di Stasiun Ketapang pukul 21.45 WIB dan tiba di Stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 04.21 WIB." katanya.

Keberangkatan dari Stasiun Surabaya Pasar Turi akan berjalan pada 31 Maret dan 9-13 April 2024 dengan jadwal Stasiun Surabaya Pasar Turi pukul 08.55 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 15.45 WIB.

Dalam perjalanannya, kereta itu membawa tujuh kereta penumpang kelas ekonomi dan satu kereta makan yang dilengkapi pembangkit dengan total kapasitas yang tersedia sebanyak 528 tempat duduk dengan perjalanan kereta api yang menempuh jarak sejauh 312 kilometer dengan harga tiket mulai dari Rp180 ribu.

"Beroperasinya kembali KA Mutiara Timur yang bertepatan dengan momen Angkutan Lebaran 2024 diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang kehabisan tiket mudik Lebaran dari wilayah Daop 9 yang akan menuju Surabaya atau sebaliknya," katanya.

Baca juga: Kemenhub siapkan 18 stasiun kereta api layani mudik motor gratis

Ia mengimbau penumpang yang akan bepergian untuk mudik ataupun balik pada saat Lebaran 2024 dengan menggunakan kereta api agar merencanakan perjalanannya jauh-jauh hari selagi tiket masih tersedia.

"Dengan perencanaan perjalanan yang baik maka akan menjadikan perjalanan mudik dengan kereta api menjadi semakin nyaman dan menyenangkan," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024