Banyuwangi (ANTARA News) - KA Mutiara Timur tambahan rute Banyuwangi-Surabaya yang merupakan kereta premium diluncurkan oleh Vice President PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember Yuherman di Stasiun Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu.

"Vice President PT KAI Daop 9 Jember secara resmi memberangkatkan perjalanan perdana rangkaian KA Mutiara Timur tambahan itu tepat pukul 11.05 WIB dengan didahului potong pita dan pecah kendi," kata Manajer Humas PT KAI Daop 9 Luqman Arif di Stasiun Banyuwangi.

Sebelum kereta tersebut diberangkatkan, lanjut dia, dilakukan doa bersama dengan muspika dan tokoh masyarakat di sekitar Stasiun Banyuwangi dengan harapan perjalanan rangkaian kereta baru itu selalu aman.

"Kami berharap tidak ada kendala dalam operasional perjalanan KA Mutiara Timur tambahan dan juga kehadiran kereta baru itu mendapat tempat di hati masyarakat," tuturnya.

Menurutnya jumlah penumpang untuk keberangkatan perdana kereta jenis premium yang memiliki delapan gerbong tersebut sebanyak 100 orang dan hingga sore sudah tercatat sekitar 150 calon penumpang akan menggunakan KA Mutiara Timur tambahan itu pada Minggu (8/10).

"Kemungkinan masih belum banyak masyarakat yang tahu akan beroperasinya KA Mutiara Timur tambahan mulai 7 Oktober 2017, sehingga sosialisasi terus dilakukan dengan harapan banyak warga yang tahu dan jumlah penumpang terus meningkat," katanya.

Rangkaian KA Mutiara Timur tambahan tersebut terdiri dari delapan kereta kelas ekonomi jenis premium dengan kapasitas masing-masing berjumlah 80 tempat duduk atau kapasitas total berjumlah 640 tempat duduk.

"Kereta premium adalah kereta produksi PT INKA yang merupakan terobosan pelayanan dari PT KAI karena kereta itu termasuk kelas ekonomi, namun setaraf kelas eksekutif dengan tempat duduk yang bisa diatur," ucapnya.

Luqman mengatakan fasilitas lainnya adalah tersedianya layar televisi untuk menambah kenyamanan penumpang menikmati perjalanan dengan kereta tersebut, sehingga pengguna moda transportasi benar-benar dimanjakan dengan berbagai fasilitas kereta premium itu.

Dalam peluncuran perdana KA Mutiara Timur tambahan di Stasiun Banyuwangi, Vice President PT KAI Daop 9 Yuherman juga berbincang-bincang dengan penumpang yang sudah duduk di dalam kereta untuk menanyakan bagaimana dengan adanya operasional kereta tambahan tersebut.

"Banyak penumpang yang merasa senang adanya operasional KA Mutiara Timur tambahan saat weekend karena sebagian penumpang tersebut kadang-kadang kehabisan tiket kereta pada akhir pekan," ujarnya.

KA Mutiara Timur tambahan tersebut akan beroperasi pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu untuk rute Surabaya-Banyuwangi, sedangkan untuk rute Banyuwangi-Surabaya akan beroperasi pada Sabtu, Minggu, dan Senin.

(T.KR-ZUM/C004)

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017