pandemi belum dinyatakan berakhir
Belitung, Babel (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat jumlah kasus aktif COVID-19 di daerah itu terus mengalami penurunan dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Belitung, Joko Sarjono di Tanjung Pandan, Sabtu mengatakan menurunnya kasus aktif COVID-19 di daerah itu disebabkan oleh meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan dan program vaksinasi.

"Kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan kemudian mengikuti kegiatan vaksinasi COVID-19 semakin meningkat," katanya.

Menurut dia, jumlah kasus aktif COVID-19 di daerah itu per hari ini tersisa sebanyak 357 kasus atau turun dari satu hari sebelumnya yakni 398 kasus.

Baca juga: Kapolri tinjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Belitung
Baca juga: Kapolri minta Forkopimda Babel antisipasi lonjakan COVID-19

Dinkes Belitung juga mencatat penurunan kasus aktif COVID-19 di daerah itu selama tiga hari berturut-turut mulai, Rabu (16/3) sebanyak 480 kasus, Kamis (17/3) 427 kasus, Jumat (18/3) 398 kasus dan Sabtu (19/3) 357 kasus.

"Sehingga tren kasus COVID-19 di Belitung terus mengalami penurunan," ujarnya.

Dia mengatakan, maka dari itu jumlah kasus aktif COVID-19 di daerah itu tersisa sebanyak 357 kasus terdiri dari 11 orang menjalani perawatan di RSUD Marsidi Judono dan 346 orang menjalani isolasi mandiri dalam pengawasan Dinkes setempat.

Ia mengimbau, masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan serta mengikuti program vaksinasi guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Meskipun sekarang banyak pelonggaran-pelonggaran aturan namun pandemi belum dinyatakan berakhir sehingga masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi COVID-19," katanya.

Baca juga: Seorang pasien positif COVID-19 di Belitung meninggal dunia

Pewarta: Kasmono
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022