Kesiapan Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Korsel di berbagai bidang lainnya.
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat melakukan pertemuan khusus dengan Ketua Majelis Nasional Korea Selatan Park Byeoung-seug di sela menghadiri pembukaan sidang majelis dan sidang terkait ke-114 The Parliamentary Union (IPU) di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Bali, Minggu.

Kedua belah pihak membicarakan rencana peningkatan kerja sama berdasarkan Kemitraan Strategi Khusus yang sudah terbangun dan Presiden Jokowi sempat menyinggung komitmen investasi Korsel dalam industri mobil listrik beserta ekosistemnya di Indonesia.

"Minggu ini saya menghadiri peluncuran mobil listrik Hyundai IONIQ 6 dan menandai dimulainya produksi mobil listrik di Indonesia. Sementara mobil listrik Hyundai lainnya, Genesis G80, akan menjadi mobil resmi KTT G20 sebagai showcase kerja sama RI-Korsel," kata Presiden dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta.

Presiden juga menyatakan kesiapan Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Korsel di berbagai bidang lainnya.

"Bidang kesehatan, transformasi digital, keuangan digal serta dalam mengatasi disrupsi pada rantai pasok global," ujar Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Korsel terhadap Presidensi Indonesia dalam G20.

"Sehingga forum Parlemen-20 (P-20) juga dapat memberikan dukungan terhadap tiga prioritas Presidensi Indonesia yaitu arsitektur kesehatan dunia, transisi energi dan transformasi digital," kata Presiden.

Dalam pertemuan tersebut Presiden turut didampingi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Duta Besar RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto.
Baca juga: Presiden Jokowi ucapkan selamat kepada presiden terpilih Korsel
Baca juga: Presiden Jokowi: Kolaborasi ASEAN-Korsel tanggulangi pandemi

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022