Beijing (ANTARA) - Dua pasien positif COVID-19 di Provinsi Jilin, China, tewas, namun otoritas kesehatan setempat membantah kematian mereka  disebabkan oleh wabah penyakit yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

Kedua pria tersebut, masing-masing berusia 65  dan 87 tahun, mengidap berbagai penyakit bawaan, satu di antaranya belum pernah mendapatkan vaksin COVID-19, demikian otoritas kesehatan dikutip media setempat, Senin.

Otoritas kesehatan menambahkan bahwa kedua korban bergejala ringan COVID-19 dan penyebab kematiannya adalah penyakit bawaan.

Pemerintah setempat mengingatkan masyarakat, khususnya yang berusia lanjut agar lebih meningkatkan kewaspadaan, menghindari pertemuan massal, selalu mengenakan masker, dan mengikuti vaksinasi.

Baca juga: Penerbangan internasional ke Shanghai dijadwal ulang di tengah lonjakan COVID-19

Pada Minggu (20/3), Provinsi Jilin melaporkan 1.191 kasus positif baru dan 303 kasus tanpa gejala. Sehari sebelumnya terdapat 1.500 kasus positif baru.

Sejak 1 Maret provinsi di wilayah timur laut daratan Tiongkok itu mendapati 10.000 kasus positif COVID-19.

Beberapa kota di Jilin juga ditutup aksesnya dan pergerakan masyarakat dibatasi untuk memudahkan pencegahan dan pengendalian pandemi.

Kasus kematian terakhir akibat COVID-19 di China terjadi pada dua tahun lalu. China dikenal sangat berhati-hati dalam merilis jumlah kasus positif dan kasus kematian. 

Baca juga: China terima ribuan boks obat COVID buatan Pfizer
Baca juga: Fasilitas isolasi COVID-19 kelima bantuan China di Hong Kong mulai beroperasi

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022