Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan bola basket Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament memang ditunggu oleh pemain muda, terbukti dengan banyaknya peserta yang mendaftar seperti ada sekolah yang mengirimkan empat tim dan bahkan untuk level klub mengirimkan enam tim.

"Sangat mengagetkan itu antusiasmenya, mereka punya banyak layer. Jadi satu sekolah itu bisa ngirim empat tim, tiga tim. Katakan 4 tim, berarti satu sekolah mengirimkan sekitar 12 hingga 14 pemain. Yang U-23 lebih banyak lagi, satu klub itu bisa ngirim 5 – 6 tim,” kata Event Manager Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament Abdul Hakim dalam keterangan resminya, Senin.

Pada fase city selection di GOR Soemantri Brodjonegoro Kuningan, Jakarta Selatan, 17-21 Maret jumlah pendaftar lebih dari 300 tim. Hal ini menunjukkan bahwa antusias masyarakat khususnya peserta cukup tinggi setelah dua tahun dikekang pandemi.

Baca juga: City Selection Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament sajikan 480 laga

“Kalau melihat kualitasnya bagus tapi kuantitasnya masih ada yang tertahan sama pandemi. Tapi ini mengagetkan. Saat pandemi kami bisa sampai 300-an peserta begini, ini sih luar biasa,” kata pria yang karib disapa Okim.

Okim berharap, dengan tingginya antusiasme pecinta bola basket khususnya di kalangan muda,  pihaknya dapat mencapai target menjadi pemegang license (hak) pelaksana liga bola basket 3x3 untuk kategori U-18 dan U-23.

Tanggapan positif juga datang dari salah satu peserta turnamen, Dafa. Siswa MAN 9 ini mengaku turnamen ini memberi dampak sangat baik bagi dirinya dan rekan-rekannya.

"Ini turnamen yang sangat baik, karena ini ajang kami untuk cari pengalaman juga. Kemudian kami juga tahu, kami ada di level mana dan apa yang perlu diperbaiki,” kata Dafa.

Baca juga: Peserta Livin Mandiri Indonesia 3x3 wajib lolos tes antigen

Bagi Dafa, pelaksanaan Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament ini jadi “oase” tersendiri bagi mereka yang merindukan atmosfir pertandingan di lapangan. Terlebih bagi para pemula yang baru pertama kali turun dalam turnamen dan tengah mencari pengalaman seperti ia bersama rekan setimnya.

“Ya bagus banget, jadi kita bisa mulai aktif lagi. Karena dengan adanya pandemi, katakan kita libur sebentar. Tapi setelah pandemi kita udah bisa mulai tanding lagi, dan kita bisa kembali seperti awal lagi,” tambahnya.

Pada City Selection hari keempat di GOR Soemantri Brodjonegoro Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (20/3) telah berlangsung 30 pertandingan untuk kategori U-18, dan 30 pertandingan untuk kategori U-23. Setelah itu, tim-tim yang lolos akan kembali bertanding dalam city playoff dan final yang digelar di One Bell Park Mall, Jakarta, 25-31 Maret.

Baca juga: Turnamen basket 3x3 Livin Mandiri Indonesia memasuki babak final
 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022