Washington (ANTARA News) - Facebook, Selasa WIB, mengatakan tengah membentuk komisi aksi politik (PAC) untuk karyawannya demi kontribusi jejaring sosial itu kepada para calon pemimpin politik.

Kebanyakan perusahaan besar AS membentuk PAC yang memungkinkan mereka mendonasikan 5.000 dolar AS kepada seorang kandidat per pemilu atau 15.000 dolar AS per tahun untuk komisi partai nasional.

Facebook mengajukan kertas kerja AC-nya ke Komisi Pemilu Federal (KPU Amerika Serikat) Senin waktu AS.

"PAC FB akan memberi karyawan kami jalan yang membuat suara mereka didengar dalam proses politik dengan mendukung para kandidat yang berbagi tujuan dengan kami dalam mempromosikan nilai inovasi demi perekonomian kita, sembari memberi masyarakat kekuatan berbagi dan membuat dunia menjadi terbuka dan tersambung," kata juru bicara Facebook.

Karena anggotanya tumbuh sampai lebih dari 800 juta, baru-baru ini Facebook telah memperluas kehadirannya di Washington dan merekrut figur-figur terkenal dengan gaji amat besar.

Juni lalu, Joe Lockhart, juru bicara mantan presiden AS Bill Clinton, ditunjuk menjadi Wakil Presiden bidang Komunikasi Global jejaring sosial ini.

September ini, Erin Egan, pengacara spesialis privasi dan keamanan data, direkrut menjadi Direktur Privasi Facebook yang berkantor di Washington, sedangkan Louisa Terrell, asisten khusus hubungan legislatif Presiden Barack Obama diangkat menjadi Direktur Kebijakan Publik Facebook.(*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011