Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan Indonesia kedepannya sangat percaya diri untuk menggelar event kelas dunia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Kita super confident bahwa Indonesia sanggup menyelenggarakan event berkelas dunia, sekelas MotoGP yang 400 juta pasang mata melihat epiknya sirkuit Mandalika," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Jakarta, Senin.

Ia mengatakan penyelenggaraan kegiatan itu tetap dilakukan secara waspada dan penuh kehatian-hatian mengingat masih adanya virus COVID-19 dengan beragam varian barunya yang terus bermunculan.

Baca juga: Sandiaga sebut MotoGP Mandalika jadi momentum pemulihan ekonomi

Lebih lanjut, berbagai pihak disebut telah meminta penggunaan Sirkuit Mandalika, antara lain untuk event lari, jogging, balap sepeda, dan beberapa event yang berkolaborasi dengan pelbagai komunitas.

"Tentu dengan standar safety yang kita utamakan, bagaimana Sirkuit Mandalika menjadi hub-nya (pusat) sport tourism (wisata olahraga)," ungkap Sandiaga.

Sebagai bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Sirkuit Mandalika juga dinilai dapat digunakan pula oleh komunitas pecinta mobil untuk melakukan uji kecepatan dan tes lainnya.

"Sesuai dengan semangat kita, kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja dengan tatanan ekonomi baru berbasis event inilah menjadi lembaran baru dari penyelenggaraan event kelas dunia dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," ucap Menparekraf.

Baca juga: Sandiaga sebut kebijakan pemerintah adakan MotoGP 2022 terbukti tepat

Menurut dia, Sirkuit Mandalika dapat mengundang lebih banyak wisatawan nusantara dibandingkan wisatawan mancanegara (wisman) mengingat jumlah penonton wisatawan lokal sangat mendominasi saat perhelatan MotoGP 2022.

Salah satunya alasannya adalah kemudahan persyaratan wisatawan lokal untuk datang ke Mandalika, yakni tidak perlu tes antigen.

"Dengan penonton 63 ribu, wisman ada 3-4 ribu, sedangkan wisatawan nusantara yang mendominasi. Adanya kemudahan bebas tes antigen untuk (wisatawan) domestik, saya melihat peluang Mandalika menarik lebih banyak wisatawan nusantara," katanya.

Baca juga: Komentar Sandiaga tentang pawang hujan di MotoGP Mandalika 2022

Baca juga: Sandi: Konektivitas transportasi penting disiapkan dalam ajang MotoGP


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022