Mereka terhimpit dan terinjak-injak akibat berdesakan di pintu darurat."
Surabaya (ANTARA News) - Delapan penumpang meninggal dunia akibat kebakaran  Kapal Motor (KM) Kirana IX di Dermaga Gapura Surya, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Rabu pagi.

"Sementara yang meninggal jumlahnya delapan orang. Tujuh diantaranya wanita, dan satu laki-laki. Identifikasi masih dilakukan petugas di RS PHC Surabaya," ujar Wakapolda Jatim, Brigjen Polisi Edi Sumantri di lokasi kejadian.

Edi menjelaskan, semua korban meninggal dunia bukan karena luka bakar, namun karena tergencet serta terinjak-injak ribuan penumpang yang berusaha keluar dan berebut menyelamatkan diri.

Petugas dari RS PHC juga masih melakukan identifikasi untuk mengetahui identitas semua korban yang meninggal dunia.

"Tidak ada korban yang terluka karena luka bakar. Mereka terhimpit dan terinjak-injak akibat berdesakan di pintu darurat. Kami belum mengetahui secara pasti korban bertambah atau tidak, sebab masih dilakukan evakuasi dan identifikasi," tutur Edi Sumantri.

Sedangkan, korban luka-luka dan dibawa ke rumah sakit berjumlah 25 orang yang tujuh di antaranya mengalami luka berat, dan 18 orang lainnya terluka ringan. Dari jumlah total penumpang terluka, 17 diantaranya perempuan, dan delapan lainnya laki-laki.
(ANT-165)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011