Seleksi dan Verifikasi 312 Kandidat dari Seluruh Indonesia

     Jakarta, 28/9 (ANTARA) - PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. tahun 2011 ini kembali menggelar Danamon Award yang kelima sejak diselenggarakan pertama kali pada 2006. Danamon Award 2011 merupakan apresiasi tertinggi bagi orang-orang biasa  yang menghasilkan suatu usaha yang luar biasa sehingga memberikan inspirasi, membuat perubahan positif, memberikan manfaat serta meningkatkan kualitas hidup bagi banyak orang dan lingkungan di sekitarnya. Sejak pendaftaran dibuka dari tanggal 16 Juli - 9 September 2011, Panitia Pelaksana Danamon Award 2011 mencatat sebanyak 312 proposal yang berasal dari seluruh Indonesia dengan beragam bidang kegiatan meliputi lingkungan hidup, pemberdayaan, pendidikan, agribisnis, kesenian,  budi daya organik, teknologi, dan motivator. Proses penjurian Danamon Award dilaksanakan melalui dua tahapan penilaian dan verifikasi. Dewan Juri Danamon Award 2011 menetapkan empat kriteria penilaian yaitu motivation (motivasi), outcome (hasil), outreach (jangkauan), dan sustainability (keberlangsungan).

     Ketua Panitia Pelaksana Danamon Award 2011, Zsa Zsa Yusharyahya mengatakan, "Peserta Danamon Award dari tahun ke tahun bertambah. Profil mereka tidak saja memiliki semangat, namun melakukan kegiatan nyata tanpa pamrih, terlihat jelas hasilnya dan memberikan manfaat peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di sekelilingnya. Orang-orang seperti merekalah yang sepatutnya mendapatkan apresiasi." Lebih lanjut, Zsa Zsa berujar, "Dampak peningkatan kesejahteraan dan peningkatan hasil yang dapat diukur secara kuantitatif ini juga menjadi parameternya, sesuai dengan tema Danamon Award tahun 2011 yaitu pemberdayaan ekonomi."

     Empat kriteria yang digunakan Dewan Juri untuk penilaian dan verifikasi yaitu motivation (bagaimana ide awal, jenis kegiatan, tujuan/motivasi/sasaran yang akan diberdayakan, apa bidang pemberdayaannya, bagaimana usaha untuk mewujudkannya, siapa pihak-pihak yang bekerja sama serta bagaimana pendanaannya), outcome (apa saja kegiatan dan hasil yang telah diciptakan), outreach (berapa jumlah dan bagaimana dampak pada orang atau sistem yang telah diberdayakan atau diubah melalui program-program pemberdayaan yang telah dilakukan), dan sustainability (bagaimana komitmen untuk melanjutkan kegiatan pemberdayaan) serta penilaian bagaimana semangat dan keberhasilannya dalam mengatasi tantangan.

     Tahap penjurian awal telah berlangsung dari tanggal 14 -15 September 2011, dari 312 proposal peserta tersaring sebanyak 123 proposal peserta yang memenuhi verifikasi dengan menggunakan empat kriteria penilaian. Selanjutnya pada penjurian tahap kedua tanggal 22 September 2011, melalui suatu diskusi yang panjang dan serius, tujuh Dewan Juri Danamon Award 2011 menyeleksi dan melakukan verifikasi lagi dari 123 proposal peserta untuk menentukan 25 kandidat. Pada tahapan berikutnya, saat ini Dewan Juri tengah melakukan seleksi dan verifikasi secara lebih mendalam lagi dari 25 kandidat terakhir untuk menentukan lima finalis terbaik Danamon Award 2011. Kelima finalis terbaik Danamon Award 2011 akan diumumkan Dewan Juri pada tanggal 30 September 2011.

     Seperti pada penyelenggaraan Danamon Award 2010 lalu, pada tahun ini, Danamon Award 2011 akan kembali melibatkan dukungan publik dan masyarakat luas untuk mengenal lebih dekat para finalis terbaik dengan memberikan suaranya melalui voting online dan sms (short messages system) untuk memilih satu finalis Danamon Award 2011 yang terbaik dan terfavorit. Periode voting online dan sms akan dimulai dari tanggal 30 September 2011 hingga 30 Oktober 2011. Untuk mengetahui informasi mengenai profil para finalis dan bagaimana kegiatannya dapat di akses di situs http://www.danamonaward.org atau di akun Facebook http://www.facebook.com/DanamonAward dan akun Twitter @danamonaward.

     Dewan Juri Danamon Award 2011 terdiri dari Bob Sadino (Entrepreneur), Choirul Djamhari, PhD (Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Koperasi dan UKM), Dr. A. Sonny Keraf (Akademisi dan mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup), Sidharta Utama (Guru Besar Tetap Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia), Toriq Hadad (Kepala Pemberitaan Korporat Tempo Media Group), Ade Swargo Mulyo (Regional Project Maneger Asia Tenggara, SwissContact) dan Bonaria Siahaan (Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli).

     Danamon Award 2011 dilaksanakan bekerja sama dengan Kelompok Tempo Media, penerbit Tempo Magazine, SwissContact, TV One dan Radio 99,1 Delta FM.

     Tentang Danamon:

     PT Bank Danamon Indonesia Tbk didirikan pada tahun 1956 dan sampai dengan 30 Juni 2011 memiliki lebih dari 2.700 kantor cabang dan point of sales, termasuk unit Danamon Simpan Pinjam (DSP) dan unit Syariah, serta kantor-kantor cabang anak perusahaannya. Danamon memberikan kepada nasabahnya akses ke lebih dari 25.000 ATM, termasuk melalui kerjasama dengan ATM Bersama dan ALTO di 33 provinsi di Indonesia dan saat ini didukung oleh sekitar 59.411 karyawan (termasuk karyawan anak perusahaan).

     Belum lama ini, pada tanggal 14 September 2011 lalu Danamon meraih juara ketiga Annual Report Award (ARA) 2010 sebagai perusahaan terbaik dalam pelaporan tahunannya untuk kategori perusahaan Private Keuangan Listed. Sebelumnya Danamon menerima penghargaan sebagai Best Performance Bank, ABFI Banking Award 2011 untuk Kategori Bank Swasta Beraset di atas Rp 40 Triliun, yang diselenggarakan ABFI Institute PERBANAS dan juga menerima penghargaan "The Best of Indonesia Service to Care Champion 2011" untuk kategori bank konvensional dengan aset di atas Rp 65 triliun dari MarkPlus Insight dan Majalah Marketeers.

     Dari institusi internasional, Danamon menerima penghargaan "Gold Award 2011" untuk kategori Best Core Banking System Initiative, dalam ajang Asian Banking & Finance Banking Retail Awards 2011, diselenggarakan oleh Asian Banking & Finance Magazine (ABF). Para juri memutuskan berdasarkan inovasi, efektivitas dan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan dan peluang yang ditunjukkan para peserta dalam strategi, layanan atau produk yang dimiliki.

     Sebelumnya, Danamon juga mendapat penghargaan Best Mobile Banking, Best SMS Banking, Best Internet Banking serta termasuk dalam "Top 10 Most Consistent Bank in Service Excellence" dalam Banking Service Excellence Awards 2010 oleh Infobank dan Marketing Research Indonesia, serta Best Local Cash Management Banks in Indonesia dalam Asiamoney Cash Management Poll 2010 oleh Asiamoney.

     Danamon adalah penerbit tunggal dan pihak yang mengakuisisi kartu kredit American Express(R) di Indonesia berdasarkan perjanjian pengoperasian independen yang memungkinkan Danamon menerbitkan kartu kredit American Express (R) pada nasabah individual dan korporasi. Danamon juga merupakan satu-satunya bank yang memberikan layanan kepada mitra bisnis lokal yang menerima pembayaran dengan kartu kredit American Express dan untuk menerima mitra bisnis baru di Indonesia.

     PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira) adalah anak perusahaan Danamon yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor dan memiliki jaringan kantor cabang yang luas di lebih dari 260 kota di Indonesia.

     Pada tanggal 30 Juni 2011, 67,37% saham-saham Danamon dimiliki oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd., 5,75% oleh JPMCB-Franklin Templeton Inv. dan sebesar 26,88% oleh publik.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi: Zsa Zsa Yusharyahya, Head of Public Affairs
                                                                                   Telepon: (+6221) 57991001-03 ext. 8301/8361/8323
                                                                                   Mobile: (+62) 81 1109369. Fax. (+6221) 57991161
                                                                                   public.affairs@danamon.co.id

Pewarta: Adityawarman
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011