IKN Nusantara yang saat ini segera diwujudkan bisa menjadi simbol identitas bagi bangsa Indonesia.
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengajak semua elemen untuk menyatukan energi dalam upaya membangun dan merealisasikan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
 
Dirjen Bina Adwil Kementerian Dalam Negeri Safrizal dalam konsultasi publik Rancangan Peraturan Pelaksana UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN, dipantau dari Jakarta, Selasa, mengatakan proses IKN tersebut diharapkan segera selesai.
 
"Mudah-mudahan ini segera bisa kita wujudkan oleh karenanya kita tidak berpanjang-panjang berdebat-debat ya, semua energi kita satukan, semua dengan niat baik segera kita wujudkan, sehingga mudah-mudahan cita-cita ini bisa segera kita wujudkan," kata dia lagi.
 
Saat ini, kata dia, semuanya tinggal bergerak dalam membangun yang diharapkan menjadi simbol identitas nasional itu, dan juga jadi penggerak ekonomi Indonesia di masa depan.
 
"Bahkan menjadi penggerak ekonomi Indonesia di masa depan dengan Pulau Kalimantan sebagai sumbu di mana kita bersatu padu pendekatan strategi ekonomi super hub yang mengambil Kalimantan sebagai pulau yang paling stabil di Indonesia," kata dia lagi.
 
Dia mengatakan beberapa negara di dunia saat ini juga sedang menyiapkan ibu kota negara termasuk Mesir dan sudah lebih dulu membangun ibu kota negara mereka.
 
"Mudah-mudahan dalam 2 tahun kita bisa menyalip Mesir dan lebih indah daripada Mesir, karena di sana di tengah padang pasir, sementara kita membangun dengan konsep yang green hijau," ujar Safrizal.
 
Dia berharap IKN Nusantara yang saat ini segera diwujudkan bisa menjadi simbol identitas bagi bangsa Indonesia.
 
"Dan menjadi kebanggaan, dengan tema kota berkelanjutan di dunia," kata Safrizal pula.
 
Baca juga: Presiden: IKN Nusantara motor inovasi akselerasi pembangunan ekonomi
Baca juga: Kepala Otorita ingin pastikan pembangunan IKN bebas korupsi

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022