Washinhton (ANTARA News) - Departemen keuangan Amerika Serikat mengatakan, Rabu, mereka telah mendaftarhitamkan dua pejabat Lashkar e Taiba, salah satu kelompok gerilyawan Islam terbesar di Asia Selatan.

Tindakan itu berarti bahwa warga AS akan dilarang berurusan dengan Zafar Iqbal atau Hafiz Abdul Salam Bhuttavi, dan aset mereka yang ditemukan di AS akan dibekukan, kata departemen tersebut.

Lashkar e Taiba, atau LeT, dibentuk pada 1990 dan telah lama memusatkan perhatian untuk memerangi pemerintah India di Kashmir. Kelompok itu dipersalahkan atas serangan terkoordinasi di ibu kota keuangan India, Mumbai, pada November 2008 yang menewaskan 166 orang.

AS telah menunjuk LeT -- Tentara Bersih -- sebagai "organisasi teroris asing". Pakistan telah melarang kelompok itu pada 2002, tapi beberapa pengkritik mengatakan kelompok itu telah lama beroperasi secara terbuka dengan nama yang berbeda-beda.

Departemen keuangan mengatakan Iqbal adalah pemimpin dan pendiri bersama dan mengurusi bagian keuangannya, sementara Bhuttavi membantu mempersiapkan mata-mata untuk serangan Mumbai 2008.

"Pada 20 tahun terakhir, Iqbal dan Bhuttavi bertanggungjawab atas pengumpulan dana, perkrutan dan indoktrinasi mata-mata," kata David Cohen, wakil menteri keuangan untuk terorisme dan intelijen keuangan. (S008/AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011