Jakarta (ANTARA) - China telah merampungkan uji coba mesin oxyhydrogen dengan daya dorong tinggi yang dirancang untuk roket Long March-5 yang akan meluncurkan modul laboratorium stasiun luar angkasa Mengtian, seperti diungkapkan pencipta mesin tersebut pada Selasa (22/3). 

Mesin tersebut saat ini siap memasuki perakitan tahap akhir dari roket itu setelah dinyalakan selama 100 detik selama uji coba pada Senin (21/3), kata China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC). 

Mesin tersebut merupakan roket cair kriogenik paling canggih yang pernah ada di China yang dirancang untuk tahap inti roket pengangkut seri Long March-5. Akan ada lebih dari 20 tugas eksperimental yang akan dijalani mesin roket itu guna menguji kinerjanya lebih lanjut. 

China akan menyelesaikan pembangunan stasiun luar angkasa Tiangong pada tahun ini. Stasiun itu akan terdiri dari sebuah modul inti yang terhubung pada dua laboratorium, Wentian dan Mengtian, dengan bobot gabungan mencapai lebih dari 90 ton setelah rampung. 

Dengan luas mencakup 150 meter persegi, stasiun luar angkasa tersebut nantinya dapat menampung enam taikonaut, kata CASC.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022