... Kami karena itu akan berbicara dengan pemerintah bagi satu pendekatan yang lebih luwes pada kebijakan menyangkut Korea Utara...
Paju, Korea Selatan (ANTARA News) - Ketua partai konservatif, Partai Nasional Raya, Hong Joon-pyo, yang memerintah Korea Selatan, mengunjungi Korea Utara, Jumat. Harapannya dapat memperbaiki hubungan antara kedua negara, tetapi pulang tanpa adanya terobosan. Duta persaudaraan itu pulang dengan tangan hampa rupanya.

Pada saat yang sama, kelompok-kelompok swasta mengirim 12 truk yang mengangkut pasokan pangan ke Korut untuk membantu penduduk yang dilanda banjir.

Joon-pyo mengunjungi Kaesong, satu kawasan industri di Korea Utara yang dikelola kedua negara, untuk berusaha mengakhiri hubungan yang membeku selama tiga tahun.

Ia tidak bertemu dengan para pejabat selama berada kurang dari enam jam di kompleks itu, tetapi menawarkan satu kebijakan "yang luwes" dengan Korea Utara.

"Proyek Kaesong adalah satu titik penting menuju jalan satu masyarakat ekonomi bersama dan satu masyarakat yang damai," katanya kepada wartawan sepulangnya dari lawatan itu. "Kami karena itu akan berbicara dengan pemerintah bagi satu pendekatan yang lebih luwes pada kebijakan (menyangkut Korut)."

Presiden Lee Myung-bak menghentikan hampir semua hubungan dan dialog setelah satu tim ahli internasional yang dipimpin militer negaranya menyimpulkan Korea Utara menorpedo satu kapal perang negaranya tahun lalu dan menewaskan 46 pelautnya. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011