Hari ini prosesi pelantikan sudah dilaksanakan di PT, dan PN kami melakukan pisah sambut.
Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Pengadilan Tinggi Tanjungkarang Mochamad Djoko memimpin pelantikan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Tanjungkarang, Bandarlampung dari Dadi Rachmadi kepada Syamsul Arief.

Setelah pelantikan di Pengadilan Tinggi Tanjungkarang, di Bandarlampung, Rabu, Syamsul Arief disambut oleh seluruh pegawai dan hakim di PN Tanjungkarang melalui prosesi adat Lampung.

"Hari ini prosesi pelantikan sudah dilaksanakan di PT, dan PN kami melakukan pisah sambut," kata Humas PN Kelas IA Tanjungkarang Hendri Irawan

Dia melanjutkan, usai pelantikan, Ketua PN Tanjungkarang itu disambut oleh seluruh pegawai dan hakim di PN Tanjungkarang melalui prosesi adat Lampung berupa arak-arakan serta atraksi pencak silat.

Pihaknya menggelar prosesi adat Lampung untuk menonjolkan tradisi budaya adat Lampung serta kearifan lokal.

"Kami sengaja menyambut Ketua PN Tanjungkarang yang baru ini menggunakan adat Lampung, dan ini pertama kalinya dilakukan di PN Tanjungkarang. Tujuan ini tak lain kami lakukan untuk menunjukkan budaya adat Lampung yang kita miliki," kata dia.

Hendri menambahkan, Ketua PN Tanjungkarang Syamsul Arief dalam kesempatan itu memberikan arahan kepada seluruh pegawai dan hakim, agar selalu memberikan keadilan kepada masyarakat yang mencari keadilan.

Selain itu, ia juga juga mengarahkan agar terus berkarya dan bekerja dengan baik sesuai dengan arahan, sehingga PN Tanjungkarang dapat menuju zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

"Ada banyak arahan dari Pak Ketua Syamsul Arief, di antaranya bekerja, berkarya, WBK, dan WBBM. Beliau juga mengarahkan agar selalu kompak dalam bekerja, sehingga dapat menuju zona integritas dan meraih WBK dan WBBM," ujarnya pula.

Pejabat lama Dadi Rachmadi mendapat jabatan baru sebagai Wakil Ketua PN Bekasi Kelas IA Khusus. Syamsul Arief sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua PN Tanjungkarang.

Jabatan Wakil Ketua PN Tanjungkarang selanjutnya diisi oleh Lingga yang sebelumnya dari PN Jakarta Timur.
Baca juga: Tiga terdakwa penganiaya nakes divonis satu bulan penjara
Baca juga: Hakim PN Tanjungkarang meninggal usai bermain tenis

Pewarta: Agus Wira Sukarta/Damiri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022