Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 92 pebalap dari 19 tim dilepas di depan Gedung Sate Bandung, Senin. Mereka menjalani etape II Speedy Tour de Indonesia (STDI) 2011 dari Bandung menuju Ciamis dengan jarak tempuh 112,7 km.

Jumlah pebalap yang dilepas ini berkurang dua dari daftar sebelumnya. Kedua pebalap yang pada etape I gagal finis itu adalah Jelly Dorisman dari Binong Baru Club Pessel serta Supriyanto dari Cikeas Cycling.

"Kami akan berusaha mengambil etape ini. Kami hampir setiap hari lewat jalur ini untuk latihan," kata pebalap dari tim Putra Perjuangan Bandung, Nunung Burhanudin, sebelum bendera start dikibarkan.

Menurut dia, untuk merebut kemenangan di kandang sendiri tetap diperlukan dari anggota tim lainnya, sama dengan etape lainnya.

Di etape II dari Bandung menuju Ciamis persaingan dipastikan akan lebih ketat. Dengan lintasan pegununan, semua pebalap harus konsentrasi penuh agar mampu menjadi yang tercepat. Pada etape ini ada satu titik KOM (king off mountain) yaitu di km 66,4 tepatnya di depan board Maestro FM serta satu sprint di km 94 tepatnya di depan restoran Cita Rasa Ciamis.

Setelah menuntaskan etape II yang finis didepan Polres Ciamis seluruh pebalap akan menginap satu malam dan selanjutnya akan menjalani etape III dari Ciamis menuju Cirebon dengan jarak tempuh 114,7 km, Selasa (4/10).

STDI 2011 merupakan kejuaraan balap sepeda terbesar di Indonesia dengan menempuh jarak lebih dari 1.393 km dari Jakarta menuju Bali. Balapan ini terbagi atas 10 etape dan akan finis di lapangan Renon Denpasar Bali, Rabu (12/10).
(B016)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011