Ciamis (ANTARA News) - Belasan pebalap sepeda Speedy Tour de Indonesia 2011 terlibat kecelakaan massal ketika menjalani Etape II yang finish di depan Polsek Ciamis, Jawa Barat, Senin.

Tabrakan itu terjadi hanya sekitar 10 meter menjelang garis finish dan melibatkan pembalap lokal maupun asing. Akibat kejadian itu banyak pebalap yang luka harus ditangani doketer.

Dari belasan pebalap yang terlibat tabrakan, ada empat yang kondisi cukup parah dibandingkan yang lain diantaranya adalah pebalap dari Telkom Cycling Club, Andri Prawata. Dia terluka pada bagian wajah dan gigi karena terkena aspal.

Pebalap lain yang terlibat tabrakan diantaranya pemenang etape I, Edmund Hollands. Namun pebalap asal Australia itu tidak mengalami luka yang serius. Selain itu tabrakan juga melibatkan pebalap dari tim Germany Wurtternberg.

"Penyebab dari kecelakaan ini masih kita dalami berdasarkan hasil rekaman. Saat kami lihat bersama Chief Commissaire, memang ada pebalap yang terjatuh ditengah rombongan sehingga pebalap dibelakangnya tidak bisa menghindar," kata Race Director STDI 2011, Erwin Anwar.

Menurut dia, jika dilihat dari hasil rekaman yang ada, pihaknya memprediksi jika tabrakan yang melibatkan belasan pebalap lokal maupun asing itu murni kecelakaan.

"Untuk detailnya kami akan terus menyelidiki sebelum memutuskan penyebab dari kecelakaan itu," kata Erwin Anwar menambahkan.

Ia menjelaskan, meski mengalami kecelakaan, pebalap masih tetap diperbolehkan melanjutkan perlombaan etape berikutnya karena kondisi itu telah diatur dalam peraturan yang dikeluarkan oleh federasi balap sepeda dunia atau UCI.

"Lihat saja besok. Jika masih kuat dan diperbolehkan oleh dokter, mereka masih bisa melanjutkan perjalanan," katanya menegaskan.

STDI 2011 etape II dari Bandung menuju Ciamis dengan jarak tempuh 112,7 km dimenangi oleh pebalap dari Hongkong Team, Wong Kam Po dengan catatan waktu 02.42.31 disusul pebalap Polygon Sweet Nice (PSN) Surabaya, Jimmy Pranata dengan waktu 02.42.38.

Setelah menyelasaikan Etape II semua pebalap yang finis akan menjalani perlombaan etape III dari Ciamis ke Cirebon, Selasa (4/10) dengan jarak tempuh 114,7 km. Ada satu titik KOM yang harus dilewati tepatnya KM 29,5.

STDI 2011 dari Jakarta menuju Bali merupakan kejuaraan balap sepeda terbesar di Indonesia. Balapan dengan jarak tempuh lebih dari 1393 km itu terbagi atas 10 etape dan finis di lapangan Renon Denpasar Bali, Rabu (12/9).

(B016/F002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011