Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat Senin mengatakan mereka mengharapkan akan bertemu dengan mitra-mitranya dalam Kuartet pada akhir pekan dalam upaya untuk mengembalikan Israel dan Palestina ke meja perundingan.

AS, Rusia, Uni Eropa dan PBB telah meminta pada 23 September pada Palestina dan Israel untuk memulai lagi pembicaraan damai langsung dalam sebulan dan berkomitmen untuk mengusahakan perjanjian pada akhir 2012, lapor AFP.

Juru bicara Deplu AS Victoria Nuland mengatakan Washington mengharapkan pertemuan Kuartet suatu waktu pada akhir pekan ini, untuk berupaya memeriksa apa yang dapat dilakukan untuk mendorong kedua pihak itu kembali ke pembicaraan.

"Kami terus yakin bahwa Kuartet telah mengajukan jadwal waktu yang baik, peta jalan yang pantas bagi pihak-pihak itu untuk mulai bekerja bersama secara langsung."

AS juga yakin "bahwa itu adalah cara terbaik untuk membicarakan fakta dasar dan berupaya menghasilkan negara Palestina yang hidup damai dengan Israel".

Israel Ahad juga meminta (Palestina) untuk kembali segera ke pembicaraan damai berdasar kerangka kerja usulan Kuartet, pernyataan yang disambut baik oleh AS.

Tapi negara Yahudi itu mengatakan rencana tersebut tidak mencakup prasyarat -- interpretasi yang Palestina tolak dengan cepat.

Palestina minta Israel menghentikan pembangunan permukiman di tanah yang mereka inginkan untuk membangun negara pada masa depan. (S008/AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011