Mekah (ANTARA News) - Seorang jamaah calon haji asal Kebumen, Jawa Tengah, Kasiyah binti Ahmad Disan (79) meninggal dunia di Balai Pengobatan Haji Indonesia Madinah, Arab Saudi, sehingga merupakan jamaah pertama yang meninggal saat musim haji 1432 H.

"Menurut keluarganya, sejak masuk ke Arab Saudi, almarhumah tetap ikuti acara ziarah dengan keluarganya, dan pingsan saat ziarah. Ternyata pingsannya ini kekurangan kalori," kata Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Madinah Dr Subagyo, di Madinah, Selasa.

Kasiyah yang meninggal pada Selasa (4/10) pukul 15.30 waktu setempat atau pukul 19.30 WIB merupakan jemaah haji asal embarkasi S0C (Solo) 2 yang dirujuk oleh kerabatnya ke Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPIH) setelah mengalami pingsan saat melakukan ziarah di Madinah.

Berdasarkan data kedatangan jemaah, Kastiyah merupakan jemaah haji kloter 2 embarkasi Solo yang tiba di Jeddah, pada Minggu (2/10) pukul 19.30.

Kloter yang mendarat di Bandara Jeddah selanjutnya ke Madinah dengan menggunakan bis.

Menurut Subagyo, almarhumah dibawa ke BPHI, Selasa (4/10) pagi pukul 8.30 waktu setempat.

Saat mendapat perawatan di BPHI, kata Subagio, almarhumah sempat siuman dan kondisinya stabil. Namun saat keluarga yang mengantarkannya kembali ke sektor IV, kondisi almarhumah kembali lemas dan organnya tidak berfungsi.

"Masalah ketuaan membuah kondisinya labil. Kekurangan kalori, kelompok 65 tahun ke atas harus dapat pendampingan dan almarhumah memang ada hipertensi," katanya.
(A025)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011