Padang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2011-2015 di bidang pariwisata akan meningkatkan kompetensi dan profesionalisme sumberdaya manusia (SDM) pelaku dunia usaha wisata di daerah tersebut.

Peningkatan kompetensi dan profesionalisme ini dilakukan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, melibatkan Bagian Bina Sosial dan Dinas Prasarana Jalan dan Tata Ruang Permukiman Sumbar, kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang, Rabu.

Ia menjelaskan, dalam lima tahun pelaksanaan kegiatan tersebut ditargetkan dapat ditingkatkan kompetensi dan profesionalisme bagi 875 orang pelaku dunia usaha wisata di Sumbar.

Untuk melaksanakan kegiatan ini Pemprov Sumbar membutuhkan anggaran mencapai total Rp914 juta, tambahnya.

Ia merinci, pada 2011 ditargetkan peningkatan kompetensi dan profesionalisme SDM bagi 125 orang pelaku dunia usaha wisata dengan kebutuhan dana pelaksanaan kegiatan sebesar Rp150 juta.

Untuk 2012 akan ditingkatkan kompetensi dan profesionalisme SDM juga bagi 125 orang pelaku dunia usaha wisata dengan anggaran diperlukan untuk kegiatannya Rp165 juta.

Kemudian pada 2013 sebanyak 185 orang pelaku dunia usaha wisata ditargetkan dapat ditingkatkan kompetensi dan profesionalisme SDM dengan biaya kegiatannya Rp181 miliar.

Selanjutnya, untuk 2014 ditingkatkan lagi kompetensi dan profesionalisme SDM bagi 220 orang pelaku dunia usaha wisata dengan anggaran Rp199 juta dan di 2015 juga untuk 220 orang dengan pembiayaan dibutuhkan Rp219 juta.

Sumbar telah ditetapkan pemerintah pusat sebagai daerah tujuan wisata utama nasional di wilayah Barat Pulau Sumatera. Daerah ini memiliki banyak objek wisata andalan didukungan keberagaman seni budaya dan makanan khas daerah.

Objek wisata andalan daerah ini antara lain, kota wisata Bukittinggi, Kota Budaya Batusangkar, wisata Bahari Kepulauan Mentawai, wisata sejarah Padang "Kota Tua", wisata Sawahlunto kota sejarah tambang batubara.

Kemudian, wisata Pantai Padang, Pariaman dan Painan Pesisir Selatan, wisata religius Makam Syech Burhanuddin, wisata alam seperti, Danau Maninjau, Singkarak, Di Atas dan Danau Di Bawah, Lembah Harau dan Lembah Anai.

Sumbar juga memiliki dua taman nasional, yakni Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan Taman Nasional Siberut (TNS) Pulau Siberut, Mentawai. Sumbar juga dikenal sebagai daerah wisata kuliner dengan makanan paling terkenal Rendang dan kerupuk Balado. (H014/A035)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011