Kendari (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Nasional (Disdiknas) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara masih membutuhkan anggaran untuk rehabilitasi sekolah sebanyak Rp12,2 miliar.

Kepala Dinas Diknas Kota Kendari Kasman Arifin di Kendari, Rabu, mengatakan, dana itu diajukan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) yang sedang dalam pembahasan di DPRD Kota Kendari.

"Jumlah keseluruhan dana rehabilitasi sekolah yang kita ajukan sebanyak Rp12,231 miliar," katanya.

Ia mengatakan, dana itu untuk melakukan rehab sejumlah sekolah yang sudah masuk daftar rahab 2011, baik gedung sekolah dasar, sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas.

"Gedung sekolah yang akan direhab itu, tersebar di seluruh kecamatan yang ada, di antara gedung yang direhab tersebut, kerusakannya karena tanah longsor saat banjir beberapa bulan lalu," katanya.

Menurutnya, selain membutuhkan dana rehabilitasi sekolah tersebut, pihaknya juga mengusulkan dana pembangunan gedung baru sekolah sebanyak Rp2,5 miliar.

"Awalnya kita hanya Rp1,410 miliar, kemudian kami ajukan lagi penambahan yakni Rp995 Juta," katanya.

Ia menjelaskan, beberapa gedung yang akan dibangun atau direhab tersebut sudah dilakukan pembuatan desain.

Pembuatan desain itu, katanya, agar mempercepat proses pelaksanaan rehab sekolah ketika anggaran sudah disetujui oleh DPRD Kendari.

"Jumlah keseluruhan dana yang diajukan dalam APBD Perubahan itu sekitar Rp46 miliar, sudah termasuk untuk kebutuhan lain-lain di luar dana rehabiltasi gedung sekolah dan pembangunan gedung baru sekolah," katanya. (ANT-299/M029)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011