Padang (ANTARA) - Seluruh pengurus dan kader Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto untuk kembali maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Deklarasi tersebut dipimpin langsung Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade dan dihadiri Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

"Kehadiran saya untuk menghadiri rangkaian peringatan HUT Partai Gerindra, sekaligus menyaksikan deklarasi seluruh pengurus dan kader DPD Gerindra Sumbar," kata Sufmi Dasco Ahmad, di Padang, Sabtu.

Baca juga: Peneliti: Sandiaga Uno akan ikuti keputusan Gerindra soal Pilpres 2024

Ia mengatakan daerah Sumbar sebagai salah satu lumbung suara bagi Ketua Umum DPP Partai Gerindra  Prabowo Subianto akan terus dipertahankan dan diperjuangkan.

Seluruh pengurus dan kader Gerindra di Sumbar diminta untuk merapatkan barisan dan solid dalam memenangkan Prabowo Subianto, papar dia.

Menurutnya, saat ini ada yang menghembuskan kabar-kabar miring tentang Prabowo Subianto di tengah masyarakat bahwa ia mengkhianati pendukung pada 2019.

"Kami harus klarifikasi bahwa Prabowo tidak berkhianat, dibuktikan selama menjabat Menteri Pertahanan yang dilaksanakan beliau adalah program kampanye yang dijanjikan,” tegasnya.

Baca juga: Muzani: Sandiaga loyal terhadap Gerindra dan Prabowo

Untuk itu, katanya, jajaran diminta turun menangani dan menyampaikan hal sebenarnya kepada masyarakat agar tidak terpengaruh.

"Kami minta seluruh jajaran Gerindra Sumbar melakukan penetrasi dan memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa kabar-kabar miring yang kemudian mendiskreditkan (Prabowo) itu tidak benar," katanya.

Selain itu, ia mengingatkan seluruh pengurus dan kader Gerindra Sumbar agar bersatu dan menghindari konflik-konflik internal.

"Kita akan menghadapi kontestasi Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2024, tidak ada waktu untuk ribut-ribut internal. Jika masih ada konflik-konflik akan ditindak tegas," katanya.

Baca juga: Sufmi Dasco: Perombakan kabinet hak prerogatif presiden

Sementara Andre Rosiade menyatakan pihaknya akan bekerja keras untuk memenangkan Prabowo di Sumbar usai melakukan deklarasi.

Ada lima poin dalam naskah deklarasi yang dibacakan, pertama adalah siap menjadikan Partai Gerindra sebagai pemenang pada Pilpres, Pemilihan Legislatif, dan Pilkada 2024.

Kemudian mengusulkan DPP Gerindra agar mencalonkan Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden 2024, memohon Prabowo bersedia dicalonkan, dan menyatakan kader se-Sumbar siap bekerja keras untuk memenangkan Prabowo sebagai Presiden Periode 2024-2029. 

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022