Jakarta (ANTARA) -
PDI Perjuangan akan mendonasikan 1.000 sepeda dan 2.000 sepatu bagi guru dan murid saat acara Banteng Ride and Night Run yang digelar di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Minggu (27/3).
 
Kegiatan itu dikemas dalam bentuk sportainment berupa aktivitas bersepeda dan lomba lari di kawasan GBK. Kegiatan ini awalnya dirancang pada akhir Januari 2022. Tapi karena kasus Omicron tinggi, maka diputuskan akhir Maret 2022.
 
"Minggu pagi, pukul 06.30 WIB, akan dilaksanakan sepeda gembira, tergantung kekuatan fisik, keliling GBK dan sekitarnya, 25 km, 50 km, dan 100 km. Minggu malam, ada lari santai mengelilingi GBK. Semua agenda di bawah koordinasi Ketua DPP Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dalam keterangannya, di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Hasto: Parpol harus terus gembleng kader agar miliki nilai juang
 
Hasto menjelaskan kegiatan Banteng Ride and Night Run ini masih dalam rangkaian peringatan HUT Ke-49 PDIP dengan tema "Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya".
 
"Melalui kegiatan ini, PDI Perjuangan ingin mengajak masyarakat dan kader partai untuk berolahraga, bergembira bersama. PDI Perjuangan ingin mengampanyekan kesehatan itu penting. Apalagi saat ini kita masih dalam situasi pandemi," jelas Hasto.
 
Sebagai bentuk keseriusan atas dua kegiatan itu, Hasto menerima laporan dari Wakil Ketua Panitia HUT Ke-49 PDIP Pulung Agustanto yang menyebut merilis dua lagu sebagai "theme song".

Baca juga: Megawati minta kader PDIP bangun kepekaan atas persoalan rakyat
 
"Saya apresiasi ide Mas Pulung untuk merilis lagu guna memeriahkan acara ini. Ide-ide kreatif mendapat ruang di Partai," jelas Hasto.
 
Pulung mengatakan dua lagu karyanya itu berirama riang dan santai. Menggambarkan kondisi saat ini dan mendorong publik untuk rajin berolahraga.
 
"Dua lagu diciptakan guna meramaikan agenda Banteng Ride and Night Run. Lagu berjudul 'Sepeda Itu Bbike' untuk acara bersepeda dan lagu 'Lari Cantik' untuk agenda lari pada Minggu malam," papar Pulung.
 
Lagu itu rencananya akan dinyanyikan di lokasi start/finish acara di Plaza Timur. Pulung bersama sejumlah rekannya telah mengenalkan lagu itu pekan lalu. Dipantau dari akun medsos Pramono Anung Wibowo, Pulung dan sejumlah rekannya yang aktif bersepeda menyanyikan bagian reff lagu 'Sepeda Itu Bike'. Kini, lagu itu bisa didengar di Spotify.

Baca juga: PDIP gelar pelatihan kader untuk menangi tiga pemilu berturut-turut
 
Pulung menjelaskan uang pendaftaran senilai Rp100 ribu akan didonasikan untuk membeli 1.000 sepeda kepada guru dan 2.000 sepatu kepada siswa di daerah tertinggal.
 
"Ini bentuk kepedulian PDI Perjuangan terhadap guru dan siswa di daerah tertinggal," jelas Pulung.
 
Sementara itu, Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga menyatakan bahwa Ketua Umum Megawati Soekarnoputri selalu mengajarkan bahwa hidup tidak hanya berpolitik atau mengejar kekuasaan tapi harus seimbang. Termasuk dengan memberi perhatian dan menyelenggarakan agenda olahraga.
 
"Sejumlah pengurus pusat PDI Perjuangan bersama Mas Pramono Anung akan ikut dalam acara ini," jelas Eriko.
 
Eriko mengimbau agar peserta Banteng Ride and Night Run untuk tetap mengikuti protokol kesehatan.
 
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022