Jakarta (ANTARA News) - Lebih dari 60 perguruan tinggi AS turut berpartisipasi dalam ajang pameran perguruan tinggi Amerika Serikat 2011 (the US Higher Education fair) terbesar yang bertujuan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia dalam mendapatkan informasi perguruan tinggi AS.

"Prioritas pertama dari kedutaan AS adalah semakin banyak siswa indonesia yang berkuliah di AS dan semakin banyak siswa AS yang berkuliah di Indonesia." kata Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel pada pembukaan pameran itu di kawasan Gatot Subroto, Jakarta,Rabu.

Marciel mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan upaya besar dalam bidang pendidikan sejak kunjungan Presiden Obama ke Indonesia, dan pihaknya memiliki peningkatan sebesar 25 persen dalam bidang kemitraan ini.

Selain itu AS mempunyai 8 kemitraan lainnya yang akan dijalankan kedepannya, dan dia juga menawarkan beasiswa kepada masyarakat Indonesia.

Menurut dia, ekonomi Amerika sekarang masih kuat, dan mahasiswa Indonesia akan nyaman untuk berkuliah di AS.

"Kami menyediakan 200 beasiswa tetapi tidak melalui kedutaan melainkan pihak universitaslah yang menawarkannya." katanya

Guna memberikan informasi yang akurat pihak AS mengaku pergi kesekolah-sekolah hingga ke pelosok Indonesia di wilayah terpencil untuk mengedukasi para pelajar di Indonesia mengenai pendidikan di AS.

Marciel juga mengatakan bahwa sosialisasi mengenai kemitraan bidang pendidikan ini dilakukan melalui pusat kebudayaan AS di Indonesia, @america.

"Orang yang kembali dari studi di AS biasanya membentuk organisasi yang menjalin hubungan dengan warga AS sehingga banyak yang mengedukasi dan memberdayakan masyarakat, " tutur Marciel.

Sementara itu  Direktur the Indonesian International Education Foundation (IIEF) Diana Kartika Jahja selaku penyelenggara kepada antaranews mengatakan bahwa pameran ini memberikan kesempatan bagi orang Indonesia untuk mendapat informasi yang akurat tentang perguruan tinggi AS dan mereka yang ada disini bukanlah agen pendidikan.

Diana mengungkapkan bahwa pameran yang diikuti 62 perguruan tinggi AS itu ingin memberikan bagaimana masyarakat Indonesia mendapatkan informasi yang benar, dan sekarang merupakan tahun yang sangat bagus, karena pihak AS menggelarnya secara besar, dan seperti diketahui hal ini merupakan kemitraan yang komprehensif antara Indonesia dan AS dalam bidang pendidikan.

The US higher Education Fair 2011 hanya digelar dalam sehari dengan memberikan workshop seputar visa, beasiswa,hingga persiapan tes TOEFL, diantaranya perguruan AS bergensi yang hadir adalah University of Minnesota-Twin Cities, University of California-Berkeley,University of Denver,University of Iowa.(yud)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011