juara pertama Piala Prapanca 2022 katagori teks dan foto
Lamongan, Jatim (ANTARA) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Jawa Timur mengawinkan gelar penghargaan jurnalistik Prapanca PWI Jatim 2022 dengan meraih juara tulis dan foto.

Masing-masing peraih penghargaan itu adalah pewarta tulis Fiqih Arfani dan pewarta foto Zabur Karuru, dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar di Kabupaten Lamongan, Jatim, Sabtu.

Fiqih memenangkan Piala Prapanca kategori jurnalisme tulis lewat karya jurnalistik berjudul "Percepat vaksinasi, zona merah di Jatim jangan muncul kembali", yang tayang pada 31 Maret 2021.

Dalam karyanya itu, Fiqih mengulas "ulang tahun" COVID-19 di Jatim yang ditulisnya secara deskriptif. Ulasannya diawali dengan pengalaman pribadi saat terpapar virus corona (COVID-19) sehingga harus menjalani isolasi di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Jawa Timur di Surabaya.

Baca juga: ANTARA raih penghargaan Media Massa Online Terbaik 2021 dari BRIN
Baca juga: ANTARA raih penghargaan media pendukung kebangkitan zakat

Sedangkan Zabur memenangkan Piala Prapanca kategori jurnalisme foto lewat karya "Rumah rusak akibat gempa di Lumajang", yang tayang pada 11 April 2021.

"Selamat Mas Fiqih dan Mas Zabur meraih juara pertama Piala Prapanca 2022 katagori teks dan foto. Luar biasa," ujar Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA Akhmad Munir, yang hadir di acara penganugerahan Piala Prapanca 2022 di Lamongan, Jawa Timur.

Mantan Kepala LKBN ANTARA Biro Jatim itu diundang khusus atas jabatannya sebagai Wakil Ketua PWI Pusat.

Dia mengapresiasi karena seorang pewarta tulis ANTARA Biro Jatim lainnya, Novi Husdinariyanto, dalam ajang Piala Prapanca 2022, juga masuk dalam nominasi jurnalisme tulis, lewat karya berjudul "Belajar di 'Situbondo Dream' bayar dengan sampah anorganik", yang tayang pada 25 Juni 2021.

Baca juga: Peduli pendidikan, LKBN ANTARA raih penghargaan dari Pemprov Papua
Baca juga: ANTARA Kalteng terima penghargaan dari Ombudsman

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang turut hadir dalam penganugerahan Piala Prapanca 2022 di Lamongan, juga mengucapkan selamat.

"Pialanya lebih besar dari yang menerima," katanya, berkelakar. Fiqih dan Zabur memang bertubuh mungil. Selain itu, Fiqih Arfani adalah Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Pemerintah Provinsi Jatim, sehingga dalam keseharian bertugas lebih sering bertemu Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Bagi insan jurnalis di Jatim, Piala Prapanca merupakan penghargaan tertinggi lomba jurnalistik yang diselenggarakan setiap tahun oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat sejak pertengahan 1980-an.

PWI Jatim juga mencatat jumlah peserta lomba karya jurnalistik Piala Prapanca selalu meningkat setiap tahun, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Baca juga: BNPB beri penghargaan kepada Antaranews.com
Baca juga: ANTARA raih penghargaan dalam penguatan Islam wasathiyah
 

Pewarta: Malik Ibrahim/Hanif Nashrullah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022