Kami masuk ke AFC Cup setelah sekian lama tidak main di sana. Saya sangat apresiasi hasil kami bisa meraih posisi kedua dan AFC Cup
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts antusias menyongsong Piala AFC 2023 di China, seiring segera berakhirnya kompetisi Liga 1 2021/2022 yang menempatkan Pangeran Biru sebagai runner up.

Liga 1 2021/2022 memang masih menyisakan satu pertandingan, tetapi Persib sudah dipastikan menempati peringkat kedua dari perhitungan perolehan poin.

“Kami masuk ke AFC Cup setelah sekian lama tidak main di sana. Saya sangat apresiasi hasil kami bisa meraih posisi kedua dan AFC Cup," kata Robert, dikutip dari laman resmi klub, Sabtu.

Baca juga: Imbang lawan Persik Kediri kubur asa juara Persib Bandung

Meskipun runner-up bukan target yang diharapkan sejak awal, Robert Alberts mencoba melihat sisi positif dari hasil kerja keras tim selama ini.

Bagi pelatih asal Belanda tersebut, Piala AFC tetap menjadi kado indah untuk hari jadi Maung Bandung yang diperingati bulan ini.

"Kami punya target lainnya yaitu untuk bisa masuk ke AFC Cup setelah sekian lama tidak bisa bermain di sana. Itu menjadi salah satu langkah lainnya yang kami nantikan," katanya.

Persib terakhir tampil di Piala AFC pada tahun 2015, dan kembali ke kompetisi level Asia adalah sebuah kebanggaan lain bagi tim asuhan Robert, seraya berharap mendapat prestasi terbaik di usia yang ke-90, tahun depan.

Ambisi untuk tetap berada di turnamen internasional pun sudah disuarakan Robert dengan berupaya meraih prestasi terbaik dan kembali ke AFC Cup tahun berikutnya.

Baca juga: Bali United dipastikan juara Liga 1

"Saya ingin sekali punya tren selalu main di AFC Cup," kata Robert.

Mengenai laga kontra Persik pada Jumat (25/3) yang berakhir imbang, Robert mengakui para pemainnya gugup sehingga tak bisa tampil dengan kemampuan terbaiknya.

"Kami memulai pertandingan dengan gugup. Itu membuat pertandingan berjalan di luar kendali. Kami sudah sampaikan, Persik adalah tim kuat dalam hal penyerangan. Jadi, kami berusaha untuk tidak menganggap mereka sebelah mata, tapi masih saja kami sering kehilangan bola," ujarnya.

Kompetisi musim ini masih menyisakan satu laga, yakni kontra Barito Putera, dan Robert menegaskan bersama timnya akan bekerja keras untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baca juga: Persib kejar kemenangan di dua laga tersisa

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022