Mulai pekan depan hingga Lebaran nanti kami fokus untuk vaksinasi dosis ketiga untuk meningkatkan imunitas masyarakat
Temanggung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menjelang bulan Ramadhan hingga Lebaran 2022/Idul Fitri 1443 H bakal fokus melakukan vaksinasi COVID-19 penguat atau dosis ketiga.

"Mulai pekan depan hingga Lebaran nanti kami fokus untuk vaksinasi dosis ketiga untuk meningkatkan imunitas masyarakat, khususnya kelompok lanjut usia (lansia)," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei di Temanggung, Minggu.

Dwi menyampaikan meskipun fokus pada vaksinasi penguat, pihaknya tetap melayani vaksinasi dosis I dan II bagi warga yang ingin mendapat vaksin tersebut.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 Kabupaten Temanggung capai 76,5 persen

Ia menyebutkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis I untuk kelompok lanjut usia (lansia) di Kabupaten Temanggung mencapai 59.553 orang atau 70,24 persen dari target 84.783 orang. Kemudian untuk dosis II mencapai 51.426 orang atau 60,66 persen dan dosis III mencapai 7.058 orang atau 8,32 persen.

"Capaian vaksinasi dosis I untuk lansia tersebut sudah di atas ambang batas yang ditentukan pemerintah sebesar 70 persen," katanya.

Baca juga: Kepala Dinkes Temanggung positif, 30 pegawai tes usap

Selanjutnya untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Temanggung dari target sekitar 70.000 anak telah mencapai 97,49 persen untuk dosis I dan 84,37 persen untuk dosis II.

Ia menyebutkan secara keseluruhan dari target vaksinasi di Kabupaten Temanggung sebanyak 624.346 orang, untuk dosis I telah mencapai 91 persen, dosis II 82,58 persen, sedangkan dosis III baru mencapai 7,09 persen.

Dwi menuturkan untuk melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 pihaknya terus berkoordinasi dengan TNI, Polri, BIN, dan pihak kecamatan.

Baca juga: Binda Jateng percepat vaksinasi menjelang Ramadhan 1443 H

"Selain melakukan jemput bola untuk vaksinasi lansia, kami tetap berkoordinasi dengan instansi lain termasuk Disdukcapil terkait dengan data penduduk, daerah mana saja warga yang belum melakukan vaksinasi, karena sasaran tinggal sedikit sehingga agak susah mencarinya. Satu desa paling tinggal 10-20 orang," katanya.

Ia menyebutkan untuk persediaan vaksin di Kabupaten Temanggung masih ada sekitar 15.000 dosis, baik yang ada di Dinkes, Polres, dan Kodim.

Baca juga: Bulog bantu empat ton beras korban banjir di Purworejo

Baca juga: Ganjar cek penanganan banjir di Purworejo

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022