bus yang kehilangan kendali menyebabkan bus menabrak dinding bukit dari kiri ke kanan sehingga dan akhirnya bus terbalik,"
Subang (ANTARA News) - Empat turis asing meninggal akibat bus wisata yang mereka tumpangi menabrak dinding bukit di Tanjakan Emen Kampung Cicenang, Desa/Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat pada Jumat pukul 11.00 WIB.

"Bus wisata ukuran tiga perempat dengan Nomor Polisi B 7917 ID asal Bandung mengalami rem blong saat melalui turunan tajam dan menikung sehingga bus menabrak dinding perbukitan teh dan menyebabkan bus  terguling berulangkali," kata Kasatlantas Polres Subang, AKP Agun Guntor kepada wartawan di lokasi kejadian.

9  turis lainnya luka berat dalam kecelakaan itu. Korban meninggal dunia dilarikan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin  Bandung, sedangkan korban yang masih hidup dirawat di Puskesmas Cagak.

"Kemungkinan bus wisata ini berasal dari Kota Bandung hendak menuju tempat Wisata Ciater. Hanya saja, karena sopir tidak bisa mengendalikan bus yang kehilangan kendali menyebabkan bus menabrak dinding bukit dari kiri ke kanan sehingga dan akhirnya bus terbalik," ujar AKP Agun.

Kecelakaan itu juga mengakibatkan kemacetan lalu lintas mencapai dua kilometer bahkan beberapa kendaraan pun sempat dihentikan karena menggunakan sistem satu arah karena bangkai kendaraan melintang di tengah jalan.

Para korban yang dirawat di Puskesmas Cagak adalah Samanti Sasi Smith, Mr Ou FS, Mr Nebis, Brian, Mrs Inge Floher Ten Ven, Rob Ten Ven, dan sang sopir Agung yang mengalami luka di bagian kepala.

Informasi yang didapat wartawan, rombongan turis itu berasal dari Belanda, Belgia dan India. Salah seorang turis bernama Rob Ten Ven mengaku dirinya sempat tidak sadarkan diri dengan apa yang telah terjadi. istirnya, Inge Floher Ten Ven meninggal dalam kecelakaan itu.
(ANT)


Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011