Bantuan ini diberikan sebagai rasa peduli pemkab kepada warganya...
Bengkulu (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, memberi bantuan uang transpot kepada para calon haji setempat untuk biaya keberangkatan menuju Embarkasi Padang sebesar Rp1,5 juta/orang.

"Pada tahun ini, kami memberikan bantuan uang transpot para calon haji Bengkulu Selatan menuju embarkasi Padang, Sumbar sebesar Rp1,5 juta/orang. Bantuan ini diberikan sebagai rasa peduli pemkab kepada warganya yang berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci," kata Bupati Bengkulu Selatan Reskan Effendi di Bengkulu, Jumat.

Sedangkan jumlah calon haji Bengkulu Selatan tercatat sebanyak 135 orang. Mereka tergabung dalam kelompok terbang eman yang berangkat ke Padang pada Kamis (6/10). "Hari ini sesuai jadwal mereka berangkat ke Tanah Suci dari Bandara Minang Kabau, Padang," ujarnya.

Ia mengatakan, biaya transportasi para calon haji dari Bengkulu ke Embarkasi Padang ditanggung sendiri, karena di luar biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) yang mereka setor ke Kemenag tersebut.

Biaya transportasi pesawat udara dari Bengkulu- Padang pulang pergi sebesar Rp2,5 juta per orang. "Jadi, meski bantuan yang diberikan Pemkab Bengkulu Selatan kepada para calhaj setempat Rp1,5 juta/orang, tapi bisa sedikit meringankan mereka," ujarnya.

Bupati Reskan mengatakan, Pemkab setiap tahun selalu memberi bantuan biaya transpot kepada calon haji daerah itu. Pada tahun 2010, pihaknya juga memberikan bantuan yang sama sebesar Rp1,5 juta/orang.

Pada tahun 2011, warga Kota Bengkulu yang berangkat menunaikan ibadah haji tercatat sebanyak 135 orang, berasal dari 15 kecamatan,  jumlah ini bertambah 15 orang dari tahun sebelumnya.

Dengan adanya tambahan kuota itu, maka 15 calon haji yang sudah masuk daftar tunggu untuk berangkat pada 2012 dapat dimajukan berangkat pada 2011. Tambahan quota khusus ini diprioritaskan pada calonhaji berusia diatas 80 tahun, katanya. (*)

Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2011