Medan (ANTARA) - Harga daging sapi di Sumatera Utara terus bergerak naik, bahkan  sudah menembus Rp140. 000 - Rp145.000 per kg, sementara harga daging sapi normalnya hanya Rp110. 000 per kg.

"Harga daging sapi segar memang naik terus hingga mencapai Rp140.000 dan bahkan ada yang jual Rp145 000 per kg dari awal pekan yang masih Rp135. 000 per kg," ujar pedagang daging sapi di Pasar Pekan Tanjung Morawa, Yusup di Deliserdang, Selasa.

Dia mengaku, kenaikan harga karena harga tebus ke. pemasok juga naik. "Biasalah permintaan lagi banyak menjelang Puasa Ramadhan,.Semoga tidak naik lagi lah di H-2 atau H-1 Ramadhan," katanya.

Baca juga: Harga daging sapi di Medan sudah Rp135.000 per kg

Pimpinan wilayah Sumut Perum BULOG, Arif Mandu, menyebutkan, BULOG terus memperkuat pemasaran daging kerbau beku impor ke pasar. Permintaan daging kerbau beku  juga meningkat dengan alasan konsumen harga daging sapi segar mahal.

"Stok yang sebelumnya ada 13,1 ton terus digelontorkan dan mulai menipis," ujar Arif. Dengan digelontorkannya daging kerbau beku itu, diharapkan bisa menjadi alternatif konsumen mendapatkan daging di luar daging sapi segar.

"Bulog juga berupaya menjaga agar harga daging kerbau beku impor itu bisa stabil di Rp80.000 per kg," katanya. Daging kerbau beku impor itu diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan daging menjelang puasa Ramadhan.

Baca juga: Dharma Jaya kerja sama dengan tiga daerah penuhi daging Ramadhan

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022