Bandarlampung (ANTARA) - PT Hutama Karya (HK) memastikan seluruh ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang dikelolanya siap untuk dilalui oleh pengendara saat mudik Lebaran 2022.

"Kami akan selesaikan berbagai perbaikan pada jalan tol yang dikelola sebelum momen mudik dimulai," kata Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, dalam keterangan yang diterima, di Bandarlampung, Selasa.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dan peningkatan pelayanan dan kapasitas guna mengantisipasi terjadinya kepadatan dan penambahan alat mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol.

Kemudian, lanjut dia, HK juga akan bekerjasama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk menyediakan kantong-kantong parkir agar tidak terjadi antrian di penyebrangan pelabuhan menuju Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan, mengingat saat ini tiket kapal sudah melalui online.

Baca juga: Direktur Operasi III HK sebut 100 km/jam kecepatan maksimal di JTTS

"Selanjutnya, penambahan petugas siaga, memastikan Bahan Bakar Mentah (BBM) tercukupi, melakukan penambahan SPBU modular di beberapa tempat, menyediakan mobil ATM berjalan demi mempermudah transaksi pengguna jalan, penambahan toilet portable, hingga penambahan pos kesehatan dan pos pantau yang bekerja sama dengan pihak Kepolisian Daerah setempat," ujarnya

Koentjoro juga menegaskan bahwa seluruh rest area di JTTS yang dikelola akan dioperasikan pada saat momen mudik Lebaran mendatang. Rest area tersebut di antaranya yakni 12 rest area yang ada di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar yang terletak di KM 20 Jalur A&B, KM 33 Jalur A&B, KM 49 Jalur A&B, KM 67 Jalur A&B, KM 87 Jalur A&B, KM 116 Jalur A & B.

Kemudian, lanjut dia, sembilan rest area di Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung tepatnya di KM 163 A, KM 172 B, KM 208 A, KM 215 B, KM 234 A, KM 269 B, KM 277 A, KM 306 B, KM 311 A.

"Selanjutnya delapan rest area serta empat rest area temprorary di Ruas Pekanbaru - Dumai yang berlokasi di KM 45 Jalur A, KM 65 Jalur B, KM 82 Jalur A & B yang fasilitasnya tidak kalah dengan rest area permanen, yang di dalamnya terdapat SPBU, tenant UMKM, minimarket, musholla, dan lainnya. pengunjung juga nanti diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” kata dia.

Baca juga: Empat ruas JTTS direncanakan segera beroperasi tahun ini

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022