Jakarta (ANTARA) - Presiden keenam Republik Indonesia sekaligus pendiri klub bola voli, Bogor LavAni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengucapkan terimakasih kepada Kemenpora, PP PBVSI dan PT Proliga atas suksesnya pelaksanaan kejuaraan bola voli tertinggi di Tanah Air, PLN Mobile Proliga 2022.

"Alhamdulillah, turnamen bola voli Proliga 2022 telah dirampungkan. Atas nama klub bola voli LavAni, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kemenpora, PBVSI dan PT Proliga yang telah bekerja keras menggelar Proliga 2022,” kata SBY dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

PLN Mobile Proliga 2022 yang digelar di Padepokan Voli Jendral Polisi Kunarto, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 7 Januari hingga 27 Maret dan Bogor LavAni sebagai juara sektor putra dan Bandung Bank bjb Tandamata untuk juara sektor putri.

Baca juga: Bogor Lavani bikin kejutan dengan juarai Proliga 2022

SBY mengatakan penyelenggaraan kegiatan olahraga dalam suasana pandemi COVID-19 yang masih naik dan turun, tantangannya tidak ringan bagi pihak penyelenggara. Namun, menurutnya, pelaksanaan Proliga 2022 dapat dilaksanakan dengan baik, tanpa hambatan yang berarti.

“Tentu keluarga besar LavAni bersyukur karena klub kami berhasil menjadi Juara Proliga 2022. Sungguhpun demikian, keenam klub bola voli yang mengikuti turnamen ini memiliki kemampuan yang relatif berimbang. Dalam Babak Penyisihan boleh dikatakan saling mengalahkan satu sama lain,” katanya menambahkan.

Dengan suksesnya Proliga, pria asal Pacitan ini berharap bisa berdampak pada timnas bola voli pada SEA Games Hanoi Vietnam, Mei nanti. Apalagi timnas putra datang sebagai juara bertahan.

“Semoga pula timnas Indonesia kembali berjaya di SEA Games Hanoi, Vietnam. Insya Allah, bisa. Semoga pula, ke depan olahraga dan seni budaya makin mengisi ruang kehidupan masyarakat kita agar semakin teduh, rukun dan damai,” kata SBY menegaskan.

Baca juga: Proliga selesai, Menpora minta timnas voli pertahankan emas SEA Games

Tim voli Bogor LavAni menjadi juara dalam kompetisi Proliga 2022 setelah berhasil mengalahkan lawan tandingnya Surabaya Bhayangkara Samator dengan skor tipis 3-2 (25-27, 25-19. 20-25, 25-18, 15-10).

Proliga 2022 sendiri secara resmi ditutup Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, Minggu malam (27/3). Dan pihaknya bangga Bogor LavAni sebagai pendatang baru menjadi juara.

"Ini sebagai pertanda kalau pembinaannya sungguh-sungguh dan juga terlihat di dalam kerjasama tim yang baik maka hasilnya tidak akan membohongi proses. Saya berharap ini menjadi contoh yang baik buat klub-klub yang lainnya," katanya.

Disamping itu, Menpora Amali mengatakan sejalan dengan masuknya cabang olahraga Bola Voli dalam Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), diharapkan persaingan kompetisi Proliga PLN Mobile semakin ketat.

Baca juga: PBVSI panggil 14 pevoli putra untuk masuk pelatnas SEA Games Hanoi

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022