Ambon (ANTARA News) - Mantan pemain Timnas PSSI Ricky Jacoby membuat tiga gol dalam laga persahabatan sepak bola antara Ambon Selection Plus melawan PSA ALL Star di stadion Mandala Remaja Karang Panjang, Ambon, Sabtu petang.

Striker kesebelasan Timnas di era 1990-an itu saat bertanding menggunakan nomor punggung 9, sekaligus sebagai kapten kesebelasan mencetak gol pada babak ke dua secara berturut-turut tepatnya pada menit 55, 56 dan 57.

Sejak menit awal hingga babak pertama usai Ricky Jacoby yang dipasang sebagai starter bersama Rocky Putiray dan Alex Saununu belum menunjukan performa terbaik, beruntung pada menit ke -13 sepakan keras Louis Mahodim (6) dari jarak 30 meter mampu membuat gawang PSA bergetar. Ambon Selection unggul 1- 0 hingga wasit Hamid Anggio meniup peluit babak pertama usai.

Pada babak ke dua PSA mampu menyamai kedudukan 1-1 di menit ke 50 berkat aksi individu Semy Mamuaya (5) yang melewati beberapa pemain belakang Ambon Selection Plus

Bahkan pada menit 53 tendangan jarak jauh George Siahaya memaksa Hasan kiper Ambon Selection Plus memungut bola dari dalam gawang dan merubah kedudukan menjadi 2-1.

Tertinggal 2-1, Ambon Selection Plus meningkatkan tempo permainan, hasilnya pada menit ke 55 Ricky Jacobi berhasil menggetarkan gawang PSA dari titik putih yang dikawal Dony Desera, bermula dari pelanggaran keras pemain belakang PSA terhadap Rocky Putiray di kotak terlarang.

Satu menit kemudian Ricky Jacobi kembali berhasil menggetarkan gawang PSA, memanfaatkan kemelut di kotak penalti yakni bola muntah hasil tendangan keras Rocky Putiray (11) yang tidak dapat di kuasai penjaga gawang PSA dengan baik.

Ricky Jacobi kendati dalam usia terbilang lanjut kembali menunjukan kepiawaiannya dengan melewati beberapa pemain belakang PSA sebelum membuat hatrick pada menit ke 57, hingga pertandingan usai skor tetap bertahan 4-2 atas kemenangan Ambon Selection Plus.

Para mantan pemain PSSI era tahun 1970-an asal dari Maluku itu menggelar pertandingan bertujuan melakukan rekonsiliasi antarsesama masyarakat di Kota Ambon.

Selain itu untuk mengangkat kembali citra sepak bola Maluku khususnya Ambon yang terpuruk hingga saat ini.

Pertandingan tersebut turut disaksikan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, Arifin Panigoro yang juga tokoh reformasi sepak bola nasional, Ketua Pengprov PSSI Maluku Dirk Soplanit, Exco PSSI Bidang Pembinaan Usia Dini yang juga koordintaor Timnas PSSI, Bob Hippy, Bidang Kompetisi PSSI Sihar Sitorus serta Direktur Sarana dan Prasarana PSSI, Fery Patty.

Pertandingan persahabatan itu juga membawa misi perdamaian melalui sepak bola, tanpa ada perbedaan suku, agama maupun kepentingan golongan.

(ANT-184/A020)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011