Balikpapan, 8/10 (ANTARA) - Mantan Ketua Umum DPP PAN Soetrisno Bachir akhirnya terpilih secara aklamasi untuk memimpin Pengurus Pusat Perhimpunan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (PKBPII) periode 2011 - 2015.

Koresponden ANTARA di Balikpapan, Sabtu malam, melaporkan pemilihan Ketua Umum itu berlangsung dalam Musyawarah Nasional (Munas) IV P-KB PII, di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), 7 - 10 Oktober 2011.

Munas itu juga memilih secara aklamasi memilih Muchdi PR serta KH A. Cholil Ridwan, Lc, masing-masing sebagai Wakil Ketua Umum P-KB PII Pusat 2011 - 2015.

Selain itu, peserta juga memilih secara aklamasi mantan Ketua Umum Pengurus Pusat P-KB PII 2008 - 2011, Dr Tanri Abeng MBA, sebagai Ketua Dewan Pertimbangan organisasi tersebut.

Dalam sambutannya, Soetrisno Bachir menyatakan, bersama keluarga besar Pelajar Islam Indonesia (PII) akan membangun peradaban baru.

"Peradaban baru tersebut, yaitu suatu masyarakat yang madani dan atau apa yang disebut dengan `civil society` yang menjadi dambaan negara dan bangsa Indonesia," tandasnya.

Untuk membangun peradaban baru dengan kehidupan masyarakat baru yang madani itu tidak terlepas dari dasar keagamaan yang kuat dan keluarga besar PII salah satu kekuatan.

Selain memilih kepemimpinan nasional P-KB PII, Munas yang berlangsung di "kota minyak" Balikpapan itu, juga berhasil menyusun program kerja kepengurusan tersebut, untuk empat tahun mendatang.

Program kerja P-KB PII 2011 - 2015 itu terdiri tujuh garis besar, antara lain pengembangan ekonomi umat/ekonomi kerakyatan, bidang pendidikan dan dakwah serta sosial.

Untuk bidang dakwah, antara lain membentuk dan meningkatkan forum kajian dakwah dan masalah keumata, serta mendorong keluarga besar PII agar lebih memotivasi masyarakat Muslim memakmurkan masjid.

Munas juga menyepakati tempat/tuan rumah penyelenggaraan Munas V P-KB PII, yaitu kota Manado, Sulawesi Utara, dengan cadangan Sulawesi Selatan.

(T.KR-SHN/E011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011