Medan (ANTARA News) - Kawasan pantai di Belawan, Sumatera Utara dinilai prospektif dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata bahari, karena jaraknya relatif dekat dengan pusat Kota Medan.

"Objek wisata bahari potensial dikembangkan di kawasan pantai Belawan," kata Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Medan Zulfahri Siagian.

Letak geografis Belawan yang hanya berjarak sekitar 27 kilo meter dari pusat Kota Medan, menurut dia, diyakini memiliki prospek cerah bila di wilayah itu dibangun pusat wisata bahari.

Bila pembangunan pusat wisata bahari di utara Kota Medan itu bisa direalisasikan, pihaknya yakin Belawan akan menjadi salah satu pusat kegiatan ekonomi terbesar di Sumatera Utara (Sumut).

Bagi nelayan lokal, kata dia, keberadaan objek wisata bahari di Belawan akan berperan memperluas pangsa pasar ikan dan udang hasil tangkapan mereka.

"Kami berharap Pemerintah Kota Medan bersama DPRD sudah saatnya memprakarsai pembangunan pusat wisata bahari di Belawan," ujarnya.

Selama ini, menurut Zulfahri, menjadikan Belawan sebagai pusat wisata bahari masih sebatas wacana dan belum ada kebijakan kongkret dari pemerintah kota (Pemkot) dan DPRD Medan untuk mengalokasikan anggaran bagi terwujudnya pembangunan objek wisata bahari di Belawan.
(ANT/197)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011