counter

PPIH-Muassasah ASEAN bertekad berikan layanan terbaik

Mekkah (ANTARA News) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan Muassasah Asia Tenggara bertekad akan memberikan layanan terbaik kepada jamaah calon haji Indonesia pada musim haji tahun ini.

"Kerja sama yang baik antara keduanya bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada setiap jamaah Indonesia," kata Ketua Muassasah Asia Tenggara (ASEAN) Zher Abdul Hamid Sedayu kepada wartawan Indonesia di Mekkah, Minggu.

Muassasah adalah badan yang ditunjuk Pemerintah Arab Saudi untuk memberikan pelayanan kepada setiap jamaah haji dari seluruh dunia yang datang ke Arab Saudi.

Dia yang masih memiliki turunan dari Indonesia mengatakan, dalam bekerja sama setiap personel harus saling memahami dan jangan saling menyalahkan, apalagi berdebat, sehingga mengurangi kesucian pelaksanaan ibadah haji.

Menurutnya, jamaah asal Indonesia merupakan yang terbesar di dunia dan sepantasnya diberikan pelayanan lebih khusus bagi jamaah haji Indonesia.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada jamaah asal Indonesia, katanya, pihaknya terus melakukan peningkatan layanan seperti dengan mengirimkan anggota Muassasah pergi ke Indonesia untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia.

"Dengan kemampuan berbahasa Indonesia dan memahami budaya Indonesia diharapkan kami bisa memberikan pelayanan lebih baik," katanya.

Ketua Panitia PPIH Arab Saudi Syairozi Dimyaty berpesan kepada petugas sektor untuk bekerjasama dengan maktab dan saling berkoordinasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah calon haji Indonesia.

"Tumbuhnya kerjasama antarpetugas sektor dengan maktab akan meningkatkan kepuasan layanan bagi jemaah calon haji," katanya.

Dia berharap agar para petugas dalam menjalankan tugasnya mampu lebih baik dibanding layanan tahun sebelumnya yang pada akhirnya bisa memberikan kepuasaan bagi jamaah.
(T.A025/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Empat orang haji tidak ikut di kloter terakhir

Komentar