Jakarta (ANTARA) - Peru memastikan tempat playoff interkontinental Piala Dunia Qatar 2022 setelah menang 2-0 atas Paraguay yang sekaligus finis urutan kelima kualifikasi zona Amerika Selatan pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB)

Brazil, Argentina, Ekuador, dan Uruguay sudah mengamankan empat tempat otomatis dari Amerika Selatan.

Peru akan bertemu Uni Emirat Arab atau Australia yang akan memperebutkan satu jatah playoff dari zona Asia di Doha pada 7 Juni, untuk memperebutkan satu tempat untuk Piala Dunia Qatar. Playoff antarkonfederasi atau interkontinental diadakan di Doha pada 13 atau 14 Juni.

Empat tahun lalu Peru juga harus melalui babak playoff untuk mencapai Piala Dunia Rusia 2018, dengan mengalahkan Selandia Baru dalam dua leg untuk lolos ke putaran final pertama mereka sejak Piala Dunia Spanyol 1982.

Pada Selasa, Peru menjalani laga dengan bekal 21 poin atau satu poin dan dua poin lebih banyak masing-masing dari Kolombia dan Chile. Mereka dituntut menang atas Paraguay dalam laga terakhir kualifikasi zona Amerika Selatan agar bisa merebut tempat playoff.

Baca juga: Argentina ditahan imbang Ekuador 1-1

Peru langsung unggul pada menit keempat babak pertama ketika Gianluca Lapadula menciptakan gol setelah menerima dan mengolah bola dari umpan Christian Cueva yang membelah pertahanan Paraguay.

Tiga menit sebelum turun minum kedudukan berubah menjadi 2-0 dan Cueva kembali menjadi arsitek gol. Manuvernya di luar kotak penalti yang disesaki para pemain kedua tim diakhirinya dengan umpan silang yang dituntaskan oleh Yoshimar Yotun.

Tim asuhan Ricardo Gareca menguasai babak kedua tanpa menciptakan banyak peluang. Mereka tampaknya puas dengan dua gol sampai pertandingan berakhir yang disambut meriah oleh penonton di Stadion Nasional.

Dalam pertandingan lain, Brazil menelan Bolivia 4-0 di La Paz berkat gol Lucas Paqueta, Bruno Guimaraes dan dua gol Richarlison.

Argentina imbang 1-1 melawan tuan rumah Ekuador setelah gol menit-menit awal dari Julian Alvarez dibatalkan pada menit tambahan oleh pemain tuan rumah Enner Valencia yang mengonversi bola pantul setelah penaltinya ditepis kiper.

Kolombia mengalahkan Venezuela 1-0 berkat gol penalti James Rodriguez, sementara Luis Suarez dan Federico Valverde membawa Uruguay menang 2-0 atas Chile di Santiago, demikian Reuters.

Baca juga: Uruguay dan Ekuador lolos ke putaran final Piala Dunia Qatar

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022